Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala AFF Futsal 2018, Indonesia Takluk dari Malaysia

Kompas.com - 06/11/2018, 15:54 WIB
Alsadad Rudi,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tim nasional futsal Indonesia takluk 5-7 dari Malaysia pada laga kedua Grup A Piala AFF Futsal yang berlangsung di GOR UNY, Yogyakarta, Selasa (6/11/2018).

Laga Indonesia kontra Malaysia sudah berlangsung sengit sejak babak pertama. Lima gol tercipta hanya dalam tempo 10 menit.

Indonesia sempat tertinggal lebih dulu melalui tiga gol cepat Malaysia, masing-masing melalui Mohd Rizdwan pada menit ke-1, Saiful Nizam pada menit ke-3, dan Abu Haniffa pada menit ke-4.

Namun Indonesia bangkit setelah pada menit ke-7, sepakan Sunny Rizki mampu dibelokan oleh Andri Kustiawan dengan paha dan menjebol gawang Malaysia.

Satu menit kemudian, Muhammad Subhan Faidasa membawa Indonesia memperkecil kedudukan menjadi 2-3.

Baca juga: Menang Besar atas Myanmar, Pelatih Timnas Futsal Indonesia Bahagia

Indonesia dapat menyamakan kedudukan pada menit ke-13, setelah umpan dari Ardiansyah Runtuboy mampu dituntaskan Syauqi Saud menjadi gol.

Empat menit berselang, Indonesia berbalik unggul melalui aksi individu Ardiansyah Runtuboy. Berakselerasi melewati tiga pemain Malaysia, Ardiansyah dapat menceploskan bola setelah juga berhasil menaklukan kiper lawan.

Namun keunggulan Indonesia tak berlangsung lama. Malaysia dapat menyamakan kedudukan setelah sepakan keras Mohd Awalludin dari luar busur penalti gagal dihalau Nazil Purnama. Skor 4-4 bertahan hingga turun minum.

Mengawali babak kedua, Indonesia kembali memimpin melalui Al Fajri pada menit ke-22. Setelah melewati satu pemain Makaysia, Fajri melepaskan tembakan yang gagal ditepis kiper Malaysia.

Baca juga: Piala AFF Futsal 2018, Indonesia Kalahkan Myanmar 5-1

Namun pada menit ke-28, Malaysia dapat menyamakan kedudukan menjadi 5-5. Baru semenit berselang, Indonesia lagi-lagi kecolongan setelah sepakan Mohd Awalluddin gagal dihalau Nazil.

Tertinggal 5-6, para pemain Indonesia menggempur habis-habisan pertahanan Malaysia. Namun berbagai upaya yang dilakukan belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-33, pelatih Kensuke Takahashi meminta time out untuk memberi arahan pada para pemain di sisa pertandingan.

Setelah pertandingan dilanjutkan, para pemain Indonesia kembali melancarkan serangan bertubi-tubi ke gawang lawan. Namun para pemain Malaysia jatuh bangun untuk menghalau setiap serangan.

Di tengah gencarnya serangan ke pertahanan lawan, Indonesia kembali kecolongan setelah Malaysia melancarkan serangan balik dan mencetak gol melalui gol Mohd Ridzwan Bin Bakri pada menit ke-37.

Gol tersebut tampak meruntuhkan semangat pemain Indonesia. Terbukti setelah itu serangan Indonesia tampak mengendur.

Sebaliknya Malaysia yang beberapa kali mengancam gawang Indonesia. Beruntung para pemain Malaysia tak dapat memanfaatkan peluang dan gagal menambah keunggulan.

Skor 7-5 untuk Malaysia bertahan hingga laga usai.

Indonesia akan kembali berlaga melawan Kamboja pada Rabu (7/11/2018). Ini merupakan laga terakhir sekaligus mementukan lolos atau tidaknya Indonesia ke semifinal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com