Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unesa ke Final East Java Conference

Kompas.com - 26/10/2018, 23:08 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis


SURABAYA, Kompas.com - Tim futsal putra Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melangkahkan ke final LIMA Futsal: McDonald's East Java Conference - Subconference Surabaya 2018. Di semifinal pada Jumat (26/10), Unesa mengungguli Univ. Airlangga dalam laga ketat bertabur gol hingga perpanjangan waktu dalam kedudukan 5-4.

Unair merupakan juara Pul A dan baru memastikan posisi puncak itu di menit terakhir duel pamungkas mereka melawan UPN "Veteran" pada Kamis (26/10). Pada hari yang sama, Unesa menjadi runner-up terbaik dari tiga grup. Kekalahan 2-4 dari Univ. Narotama membuat Unesa tergeser dari puncak Pul C.

Unesa membuka skor di menit keempat duel di Ubaya Sport Center ini. Unair membalas lima menit kemudian, dan bisa berbalik unggul. Unesa lalu menyamakan kedudukan. Unair unggul dua gol, sebelum Unesa memperkecil ketertinggalan di detik-detik akhir babak pertama.

Di babak kedua, Unesa berhasil menyeimbangkan kedudukan menjadi 4-4, dan bahkan bisa unggul untuk pertama kali sejak 1-0. Namun, Unair belum menyerah. Kedudukan menjadi 5-5 saat waktu normal berakhir.

Dua menit memasuki perpanjangan waktu, kapten Unesa, Muhammad Affifudin Nur Lutfillah (10), mencetak gol yang kemudian menjadi gol kemenangan.

Di final yang akan dihelat pada Sabtu (27/10), Unesa akan menghadapi pemenang semifinal kedua antara Univ. Surabaya (Ubaya) dan Univ. Narotama.

Dari sektor putri, tim Unair  meluputkan kesempatan naik ke puncak klasemen karena  hanya bisa bermain imbang dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). Hasil satu angka ini tak bisa membawa Unair melewati dua tim di atasnya, Univ. Negeri Malang (UM) dan Univ. Brawijaya (UB).

Dalam laga di Ubaya Sports Center, Unair berkesulitan menembus pertahanan ITS, yang sebelum partai ini belum mendulang poin dari tiga laga. Skor kacamata menjadi hasil akhir pertandingan ketat ini.  

Usai pertandingan, pelatih Unair Lila Puspita mengaku kecewa dengan hasil yang dibuat pasukannya, karena kesempatan menjadi kampiun praktis tertutup. “Ini menjadi pelajaran bagi kami, karena meski telah mempersiapkan diri cukup lama, namun itu tak cukup untuk membuat kami bisa mencapai target yang diinginkan,”ujarnya.

Pemenang LIMA Futsal: McDonald's East Java Conference - Subconference Surabaya 2018 kategori putri baru akan muncul pada hari terakhir, Sabtu (26/10). Putri Univ. Brawijaya akan keluar sebagai kampiun cukup dengan menahan seri Unesa. Bila UB kalah, UM akan keluar sebagai juara. Yang jelas, putri Malang dipastikan berjaya di Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com