Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2018, 07:45 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Jalu Wisnu Wirajati

Tim Redaksi

Sumber PSSI

KOMPAS.com - Pilar Timnas U-19 Indonesia, Witan Sulaiman, menjabarkan alasan keputusan dirinya merantau ke Jakarta ketika masih muda.

Mimpi berkarier di Eropa menjadi motivasi pemain kelahiran 8 Oktober 2001 ini meninggalkan tanah kelahirannya, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Menurut Witan, Kota Palu hingga saat ini masih belum memiliki fasilitas yang memadai untuk mengembangkan bakat sepak bolanya.

"Di Palu, dulu minim ajang untuk pesepak bola usia dini. Kalaupun ada, sifatnya hanya pertandingan antarkampung," kata Witan seperti dikutip dari situs web resmi PSSI, Jumat (26/10/2018).

Baca juga: Link Live Streaming Timnas U-19 Indonesia vs Jepang

"Kalau di Jakarta, lebih banyak kompetisi yang diikuti. Begitu juga di (Diklat) Ragunan, malah bisa mengikuti turnamen internasional di luar negeri," ujarnya menambahkan.

Di Jakarta, Witan menimba ilmu sepak bola di Sekolah Khusus Olahraga Ragunan. Witan berharap langkah yang diambil ini bisa membawanya ke Eropa.

"Harapan saya tentu semoga bisa berkarier di Eropa seperti halnya Egy (Maulana Vikri)," ucap Witan.

Witan membuat debut internasional bersama Timnas U-19 Indonesia saat melawan Timnas U-20 Brasil di turnamen Toulon Perancis, Mei 2017 lalu.

Dia mencetak gol pertamanya untuk Indonesia di ajang AFF U-16 2017 September 2017. Saat itu, Witan mencetak dua dari delapan gol kemenangan Indonesia atas Brunei.

Kini, Witan menjadi pilar penting skuad asuhan Indra Sjafri di Piala Asia U-19 2018. Hingga laga terakhir Grup A, Witan sudah mencetak tiga gol.

Baca juga: Jadwal Perempat Final Piala Asia U-19, Timnas U-19 Indonesia Vs Jepang

Gol terakhir Witan yang dicetak ke gawang Uni Emirat Arab, Rabu (24/10/2018), menjadi sangat spesial karena membawa Indonesia lolos ke babak perempat final.

Melihat perkembangan Witan hingga saat ini, Indra Sjafri tidak ragu memberikan pujian.

"Saya pikir sejak dia (Witan Sulaiman) bersama kami di Timnas U-19 dan telah melewati berbagai kejuaraan seperti Turnamen Touloun di Paris, dua kali Piala AFF, dan sekarang Piala Asia, grafik permainannya semakin membaik," ujar Indra Sjafri.

Kini Witan dan Timnas U-19 Indonesia tinggal selangkah lagi tampil di Piala Dunia U-20 2019 mendatang. Untuk mewujudkan itu, skuad berjuluk Garuda Nusantara harus mengalahkan Jepang di babak perempat final Piala Asia U-19 2018, Minggu (28/10/2018).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber PSSI
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com