Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Witan Sulaeman Merantau Demi Raih Impian

Kompas.com - 19/10/2018, 13:57 WIB
Hanief Syafi Al Umam,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelandang timnas U-19 Indonesia, Witan Sulaeman, mengambil keputusan untuk merantau ke Jakarta demi mengejar impiannya.

Witan Sulaeman mengungkapkan keputusan merantau diambil karena di daerah asalnya masih minim ajang untuk pesepak bola usia dini.

"Di Palu dulu minim ajang untuk pesepak bola usia dini. Kalau pun ada, sifatnya hanya pertandingan antar kampung. Bahkan, di Palu belum ada Sekolah Sepak Bola (SSB)," kata Witan dalam sesi wawancara khusus dengan Tabloid BOLA dan BolaSport.com beberapa waktu lalu.

"Memang ada pelatih sepak bola, tetapi tidak terlalu memperhatikan pemain anak-anak. Pelatih cuma datang dan menyuruh bermain, tidak ada program latihan," ujarnya menambahkan.

Baca Juga: Egy Maulana Vikri dan Status Wonderkid Sepak Bola Indonesia: Harus Belajar dari Kejadian Masa Lalu

Pemain asal Palu itu menilai merantau ke Jakarta bisa lebih berkembang untuk pemain muda karena banyak kompetisi. Bahkan menurutnya, banyak anak Palu yang sudah memiliki bakat sebagai pesepak bola namun kurang jam terbang.

"Kalau di Jakarta, lebih banyak kompetisi yang diikuti. Begitu juga di Ragunan, malah bisa mengikuti turnamen internasional di luar negeri," ujarnya menambahkan.

"Menurut saya, kebanyakan mereka memiliki bakat alam bermain sepak bola. Hanya bila tetap di Palu, saya merasa mereka akan sulit berkembang," katanya.

Oleh karena itu, Witan berharap para pembina sepak bola usia muda di Palu bisa lebih giat membina pemain dan menggelar lebih banyak kompetisi usia muda.

(Baca Juga: Wawancara Bima Sakti: Saya Bersedia Jadi Pelatih Timnas Senior

Lebih lanjut, pemain yang mengidolakan Lionel Messi ini berharap bisa berkarier di Eropa.

"Harapan saya tentu semoga bisa berkarier di Eropa seperti halnya Egy," ucapnya.

Witan saat ini tengah membela timnas U-19 Indonesia pada ajang Piala Asia U-19 2018. Witan dkk diharapkan bisa melaju hingga babak semifinal agar bisa mengikuti Piala Dunia U-20 di Polandia, tahun depan. (Andrew Sihombing)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com