Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meriahnya Asian Para Games 2018 Tak Lupakan Penderitaan Korban Bencana

Kompas.com - 02/10/2018, 20:16 WIB
Alsadad Rudi,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah ajang olahraga skala internasional dengan dilenggarakannya Asian Para Games 2018. Di sisi lain, belum lama ini wilayah Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah diterjang gempa bumi disertai tsunami.

Menyadari hal itulah, Indonesia Asian Para Games Organizing Committe (Inapgoc) berkomitmen bahwa penyelenggaraan Asian Para Games 2018 akan meriah. Namun tak akan melupakan penderitaan bagi warga di daerah yang terkena musibah bencana alam, baik di Palu, Donggala, dan Lombok.

Pesan itulah yang disebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan pada Selasa (2/10/2018).

"Bapak Presiden menyampaikan Asian Para Games harus besar, harus akbar dan lebih sukes dari Asian Para Games sebelumnya. Tapi kita harus melihat saudara-saudara kita yang tertimpa bencana," kata Ketua Umum Inapgoc Raja Sapta Oktohari saat ditemui di GBK Arena, Selasa sore.

Baca juga: Kesempatan Pengajuan Sponsor Asian Para Games 2018 Masih Terbuka

Kerusakan akibat gempa bumi dan tsunami di Dupa Tondo, Kelurahan Layana, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (2/10/2018). Di area kompleks mebel dan pergudangan ini luluh lantak akibat gempa dan diterjang tsunami.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Kerusakan akibat gempa bumi dan tsunami di Dupa Tondo, Kelurahan Layana, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (2/10/2018). Di area kompleks mebel dan pergudangan ini luluh lantak akibat gempa dan diterjang tsunami.

Menurut Okto, situasi yang terjadi saat ini sama persis saat penyelengaraan Asian Games 2018 silam. Sebab Asian Games digelar di tengah suasana duka saat gempa mengguncang Lombok beberapa pekan sebelumnya.

Karena itu, Okto berharap agar penyelenggaraan Asian Para Games bisa menjadi pelipur lara bagi korban bencana, baik yang terjadi di Palu, Donggala, dan Lombok.

Baca juga: Menko PMK: Kontingen Indonesia Siap Berlaga di Asian Para Games

"Kami sepakat kesuksesan Asian Para Games akan jadi hadiah dan hiburan bagi saudara-saudara kita yang tertimpa bencana," ucap Okto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com