Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP, Yamaha Harus Mendengarkan Masukan Valentino Rossi

Kompas.com - 28/09/2018, 13:41 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Legenda MotoGP, Giacomo Agostini, turut berkomentar soal krisis yang tengah melanda Yamaha. Dia pun berharap tim mendengarkan masukan Valentino Rossi yang sudah memberikan banyak gelar.

Krisis yang dialami Yamaha membuat para pebalap yang menunggangi motor Yamaha M1 harus terseok-seok dalam setiap balapan musim ini. Rossi menjadi salah satu orang yang sangat vokal soal krisis Yamaha, terlebih karena saat ini dia tengah berusaha memburu gelar ke-10.

Baca Juga: Tim Pabrikan MotoGP Minta Jadwal Grand Prix Direvisi

Agostini yang juga pernah menjadi pebalap Yamaha, mengatakan bahwa Rossi memiliki pengaruh besar di tim tersebut. Dia pun mengakui, pebalap berjulukan The Doctor itu telah memberikan banyak hal.

"Valentino Rossi memiliki pengaruh yang sangat besar, dia telah memberikan banyak hal kepada Yamaha, begitu banyak kegembiraan, begitu banyak gelar," kata Agostini dikutip BolaSport.com dari Tuttomotoriweb.

"Yamaha harus mendengarkannya meskipun saya tidak tahu apakah Valentino Rossi telah memberikan petunjuk yang benar atau tidak," lanjutnya.

Menurut Agostini, seorang pebalap harus memberikan masukan yang jelas kepada teknisi untuk mengembangkan motor. Pasalnya, yang mengetahui bagaimana kinerja motor adalah pebalap, bukan teknisi.

"Pebalap harus memberikan petunjuk karena teknisi dan insinyur tidak menunggangi motor, mereka tidak tahu feeling Anda dengan motor," ujar Agostini lagi.

"Ketika saya pergi ke Jepang untuk Yamaha, saat itu saya membawa beberapa solusi, sehingga bersama pebalap-pebalap penguji Jepang--tidak hanya saya sendiri--membuat kemajuan," lanjutnya.

"Saya membawa banyak saran, mereka mengembangkannya dan performa motor menjadi meningkat begitu besar sehingga membantu saya memenangkan kejuaraan dunia," tutur Agostini menambahkan. (Samsul Ngarifin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com