Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U-16 Indonesia Vs Iran, Gol Bagus-Bagas Bawa Garuda Asia Menang

Kompas.com - 21/09/2018, 17:25 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

KOMPAS.com - Timnas U-16 Indonesia berhasil mengalahkan timnas U-16 Iran dengan skor 2-0 pada laga Grup C Piala Asia U-16 atau Piala AFC U-16 2018 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, Jumat (21/9/2018).

Gol kemenangan bagi timnas U-16 Indonesia dicetak oleh saudara kembar, yakni striker Amiruddin Bagus Kahfi pada menit keempat dan bek Bagas Kaffa pada menit ke-90+1.

Pada awal-awal babak pertama, yang diwarnai dengan rintik hujan, timnas U-16 Indonesia mencoba untuk mengambil inisiatif serangan.

Pasukan Fakhri Husaini itu mengandalkan kecepatan dari sayap, terutama dari Supriadi dan Amanar.

Baca juga: Susunan Pemain Indonesia Vs Iran, Bagus Kahfi Jadi Ujung Tombak

Skema tersebut membuahkan hasil pada menit keempat ketika pergerakan Supriadi di sisi kanan pertahanan Iran berhasil memberi umpan matang kepada Bagus Kahfi di dalam kotak penalti Iran.

Berdiri bebas dan tanpa pengawalan, Bagus Kahfi dengan mudah menendang bola yang menembus jala lawan. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan timnas U-16 Indonesia.

Tersentak oleh gol tersebut, Iran mencoba untuk menyamakan kedudukan. Namun, usaha Kavieh dkk masih bisa dimentahkan oleh barisan pertahanan Garuda Asia, julukan timnas U-16 Indonesia.

Namun, Indonesia pun tak mengendurkan serangan. Pada menit ke-20, Bagus Kahfi mendapat peluang setelah lolos dari penjagaan lawan, tetapi usahanya saat hendak menendang bola masih bisa diantisipasi bek lawan.

Baca juga: Dukung Timnas U-16 di Malaysia, Suporter Indonesia Rela Cuti Kerja

Bagus lagi-lagi memberi ancaman. Setelah bekerja sama dengan barisan sayap yang diisi Amanar, Bagus melepaskan tendangan ke arah gawang, tetapi masih menyamping.

Iran kembali mencoba menekan. Jafari melepaskan tendangan dari jarak jauh. Namun, kiper Indonesia, Ernando, bisa menggagalkan upaya tersebut.

Kemudian, pergerakan bola banyak berkutat di area tengah. Kapten David Maulana, Brylian, dan Andre tampil cukup baik dalam mengimbangi permainan lawan.

Iran kembali menekan. Hajizadeh melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti setelah mendapat ruang. Beruntung, kiper Ernando tampil baik dengan menghalau tendangan tersebut.

Ernando kembali menggagalkan upaya Iran untuk mencetak gol. Dia berhasil menepis tendangan lawan dari luar kotak penalti.

Hingga wasit meniup peluit akhir babak pertama, skor 1-0 tetap bertahan untuk keunggulan timnas U-16 Indonesia.

Pada babak kedua, Indonesia memperoleh peluang lewat Supriadi. Bermula dari sepak pojok, Supriadi melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti, tetapi masih bisa diantisipasi oleh kiper Iran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com