Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meriahkan Gala Desa, Gorontalo Utara Pakai "Jurus" Ini

Kompas.com - 11/08/2018, 06:06 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Perhelatan Gala Desa 2018 harus disambut meriah. Begitu pesan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi pada persiapan peluncuran Gala Desa 2018 di Jakarta, Selasa (7/8/2018).

"Kegiatan Gala Desa harus nendang, ngefek, dan memotivasi atlet untuk menjadi juara dunia,"  kata Imam Nahrawi yang dalam kesempatan itu meluncurkan buku Olahraga Desa Menuju Dunia-Lebihi Ekspektasi Di Gelaran Perdana.

"Kami tidak hanya memasang umbul-umbul dan menyiarkannya di media-media," kata Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Gorontalo Utara Hartono Jusuf menjawab pertanyaan Kompas.com

Merata

Gala Desa mempertandingkan enam cabang olahraga seperti atletik, sepakbola, bulutangkis, sepaktakraw, bola voli dan tenis meja. Untuk atletik, dipertandingkan nomor lari dari jarak 50m untuk anak SD Gala Desa mempertandingkan enam cabang olahraga seperti atletik, sepakbola, bulutangkis, sepaktakraw, bola voli dan tenis meja. Untuk atletik, dipertandingkan nomor lari dari jarak 50m untuk anak SD

Lebih lanjut Hartono Jusuf mengatakan bahwa ada 123 desa di Gorontalo Utara yang terlibat dalam program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini.

Ada enam cabang olahraga yang dipilih dan dipertandingkan dalam Gala Desa. Keenam cabang itu adalah sepak bola, sepak takraw, bola voli, bulutangkis, tenis meja, dan atletik.

Pembukaan Gala Desa 2018 di Gorontalo Utara dilakukan pada Jumat (11/8/2018). "Acara kickoff-nya di Molingkapoto, Kecamatan Kwandang," kata Hartono.

Lantas, untuk memeriahkan kegiatan itu, Hartono mengaku punya "jurus" khusus.

"Kami tidak fokuskan kegiatan ini hanya pada satu kecamatan," katanya.

Dia membeberkan, Kecamatan Sumalata menjadi tuan rumah pertandingan sepak takraw. "kecamatan ini menghasilkan atlet-atlet sepak takraw," ucap Hartono sembari menambahkan bahwa beberapa atlet Timnas Indonesia untuk sepak takraw Asian Games 2018 berasal dari Sumalata.

Selanjutnya, Kecamatan Kwandang menjadi pusat pertandingan sepak bola. "Bola voli di Kecamatan Atinggola, yang berbatasan dengan Sulawesi Utara," imbuhnya lagi.

"Kami melakukan ini agar masyarakat bisa merata merayakan kegiatan olahraga," ujarnya lagi.

Sementara, pihaknya juga mematok target jumlah penonton Gala Desa 2018 di Gorontalo Utara. "Kami bisa hadirkan 10.000 penonton," pungkas Hartono Jusuf.

(Baca: Gorontalo Utara Awali Pembukaan Gala Desa 2018)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com