Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Jangan Bebani Timnas U-16 Indonesia

Kompas.com - 08/08/2018, 20:32 WIB
Hanief Syafi Al Umam,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

SIDOARJO, KOMPAS.com - Mantan penyerang timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, mempunyai pesan untuk masyarakat terkait timnas U-16 Indonesia.

Kurniawan Dwi Yulianto meminta publik jangan terlalu menekan timnas U-16 Indonesia untuk menjuarai Piala AFF U-16. Menurutnya, Piala AFF dijadikan ajang untuk meningkatkan kerja sama tim.

"Buat saya, menjaga performa mereka itu lebih utama. Mereka harus bisa lebih berkembang lagi," kata Kurniawan kepada wartawan, Rabu (8/8/2018).

Baca juga: Timnas U-16 Indonesia Impresif, Indra Sjafri Tertarik Boyong ke U-19?

"Jangan dijadikan Piala AFF segalanya, masih ada AFC yang bisa jadi tiket ke Piala Dunia. Tapi jadikan ajang ini untuk lebih meningkatkan kerja sama tim," ujarnya.

Kurniawan memahami bahwa pecinta sepak bola nasional haus akan prestasi. Namun dia meminta untuk tak membebani timnas U-16 Indonesia yang notabene masih di usia pembinaan.

"Kita memang haus prestasi, ekspektasi besar dari masyarakat. Tapi jangan sampai ekspektasi membahayakan mental pemain," pesannya.

"Langkah mereka masih panjang, makanya semua itu butuh proses. Kalau untuk level muda, juara itu bonus, lebih penting membangun fondasi ke top level," ucapnya.

Timnas U-16 Indonesia akan memainkan laga semifinal melawan timnas U-16 Malaysia di Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8/2018).

Baca juga: Tim yang Berpeluang Bersua Indonesia pada Penyisihan Piala AFF 2018 Gigit Jari karena Tak Bisa Main di Kandang

Mereka melaju ke semifinal setelah bermain impresif sepanjang fase Grup A. Pasukan Fakhri Husaini mengalahkan timnas U-16 Filipina (8-0), Myanmar (2-1), Vietnam (4-2), Timor Leste (3-0), dan Kamboja (4-0). (Muhammad Robbani)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com