Indra Sjafri Usahakan Egy Maulana Vikri Bisa Ikuti Piala Asia U-19 - Kompas.com

Indra Sjafri Usahakan Egy Maulana Vikri Bisa Ikuti Piala Asia U-19

Kompas.com - 21/07/2018, 06:00 WIB
Pelatih timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri pada konferensi pers seusai laga melawan Filipina, Kamis (5/7/2018).
BOLASPORT.com/ADITYA FAHMI NURWAHID Pelatih timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri pada konferensi pers seusai laga melawan Filipina, Kamis (5/7/2018).

KOMPAS.com - Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri, berusaha untuk membawa Egy Maulana Vikri ke Piala Asia U-19 2018. 

Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang yang digelar pada 18 Oktober sampai 4 November 2018 mendatang itu.

Indra Sjafri mengatakan, Egy harus datang apabila ada panggilan darinya untuk membela timnas U-19 Indonesia.

Hal itu disebabkan panggilan dari tim nasional merupakan wajib bagi pesepak bola di dunia.

Baca juga: Timnas U-19 Finis Ketiga, Indra Sjafri Sampaikan Permohonan Maaf

Pelaksanaan Piala Asia U-19 akan bentrok dengan kompetisi Liga Polandia, tempat Egy membela Lechia Gdansk.

Lechia Gdanks bisa saja menahan Egy agar tidak ke timnas U-19 Indonesia disebabkan Piala Asia U-19 bukan merupakan agenda wajib FIFA.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi, sempat menyarankan Indra untuk tidak memanggil Egy ke timnas U-19 Indonesia terlebih dahulu.

Hal itu lantaran agar pesepak bola berusia 18 tahun tersebut bisa fokus bersama Lechia Gdansk.

Baca juga: Indra Sjafri Bicara soal Egy Maulana dan Semifinal Piala AFF U-19

"Dia (Egy) bermain di klub mana pun, tetapi saat negaranya memanggil dia harus datang, tak bisa tidak," kata Indra, dikutip dari Bolasport.com.

"Mau di langit pun, saya akan panggil dia karena dia bermain di klub. Ini untuk kepentingan tim nasional dan itu ada kesepakatan di dunia," ucap Indra.

Jelang berlaga di Piala Asia U-19, Indra memang membutuhkan waktu enam minggu untuk menggelar pemusatan latihan bersama anak-anak asuhnya.

Adapun Egy hanya diharapkan bergabung selama dua pekan. Kemungkinan besar Egy baru bisa bergabung dengan timnas U-19 Indonesia saat ada agenda FIFA Match Day.

Pesepak bola Indonesia U-19 Egy Maulana Vikri melakukan tendangan penalti ketika melawan timnas Malaysia U-19 dalam laga semifinal Piala AFF U-19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (12/7/2018). Indonesia kalah adu penalti dari Malaysia dengan skor 3-4.ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Pesepak bola Indonesia U-19 Egy Maulana Vikri melakukan tendangan penalti ketika melawan timnas Malaysia U-19 dalam laga semifinal Piala AFF U-19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (12/7/2018). Indonesia kalah adu penalti dari Malaysia dengan skor 3-4.

Jadwal pertandingan internasional pada bulan itu berlangsung pada 8-16 Oktober. Boleh jadi pada masa inilah Egy diharapkan bergabung dengan timnas U-19 Indonesia. 

Masalahnya, tidak ada jadwal FIFA Match Day saat Piala Asia U-19 2018 berlangsung. 

Agenda FIFA Match Day berikutnya berlangsung pada 12-20 November alias saat turnamen sudah selesai.

"Jadi, saya nanti akan share program ke pelatihnya Egy di Lechia Gdansk. Nanti kapan dan di mana Egy akan gabung itu bisa kami kasih kabar," kata Indra.

Di Piala Asia U-19 nanti, timnas U-19 Indonesia tergabung ke dalam Grup A bersama Qatar, Uni Emirates Arab, dan Taiwan.

PSSI meminta kepada Garuda Nusantara untuk bisa finis di semifinal agar otomatis melangkah ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. (Mochamad Hary Prasetya)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X