Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juara Grup B, Spanyol Bertemu Rusia pada Babak 16 Besar

Kompas.com - 26/06/2018, 03:05 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Timnas Spanyol bermain imbang 2-2 melawan Maroko pada laga pamungkas penyisihan Grup B Piala Dunia 2018 di Kaliningrad Stadium, Rusia, Senin (25/6/2018) atau Selasa dini hari WIB. Iago Aspas yang menyelamatkan El Matador dari kekalahan lewat golnya pada menit ke-90.

Dengan demikian, Spanyol melangkah ke babak 16 besar sebagai juara Grup A karena dalam pertandingan lain pada saat bersamaan, Portugal juga ditahan Iran. Cristiano Ronaldo dkk berbagi skor 1-1.

Hasil ini membuat Spanyol akan bertemu Rusia dan Portugal menghadapi Uruguay pada babak 16 besar. Duel Portugal vs Uruguay akan berlangsung di Fisht Olympic Stadium, Sochi, 30 Juni, sedangkan Spanyol vs Rusia berlangsung di Luzhniki Stadium, Moskow, 1 Juli.

(Baca juga: Grup-grup Alot yang Belum Mengirimkan Wakil ke Babak 16 Besar)

Spanyol, yang mengandalkan ball possession, mengontrol jalannya pertandingan. Sergio Ramos dkk meraih 72 persen penguasaan bola pada 10 menit pertama.

Namun, gawang La Furia Roja yang justru lebih dulu bobol pada menit ke-14 akibat kesalahan komunikasi antara Ramos dan Andres Iniesta. Khalid Boutaib bisa memaksimalkan kesempatan tersebut karena setelah mencuri bola, dia bisa menggiring bola masuk ke kotak penalti.

Berhadapan satu lawan satu dengan David de Gea, sang penyerang melepaskan tembakan datar dengan kaki kiri. Bola melaju kencang melewati kedua kaki De Gea yang maju berusaha mempersempit ruang tembak.

David De Gea gagal menahan tendangan Khalid Boutaib pada pertandingan Spanyol vs Maroko di Kaliningrad, 25 Juni 2018. AFP/OZAN KOSE David De Gea gagal menahan tendangan Khalid Boutaib pada pertandingan Spanyol vs Maroko di Kaliningrad, 25 Juni 2018.

Tersengat oleh gol tersebut, Spanyol meningkatkan tempo permainan dan terus mengurung pertahanan Maroko. Hanya berselang lima menit, El Matador mencetak gol penyama melalui Isco.

Gelandang Real Madrid ini mendapat umpan manis dari Iniesta, yang melakukan penetrasi dari sisi kanan pertahanan Maroko. Isco sempat mengontrol si kulit bulat sebelum melepaskan tendangan dengan kaki kanan ke pojok kanan atas gawang lawan.

Setelah itu, Spanyol memiliki beberapa peluang, tetapi gagal dikonversi menjadi gol. Diego Costa dua kali mendapat umpan matang, tetapi striker Atletico Madrid ini tidak bisa melepaskan tendangan secara sempurna. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Pada paruh kedua, tak ada perubahan yang signifikan karena Spanyol terus mendominasi pertandingan tetapi kesulitan mencetak gol. Mirip babak pertama, Spanyol kembali kebobolan pada menit ke-81.

Kali ini Youssef En-Nesyri yang membuat De Gea memungut bola dari dalam gawangnya. Bola sundulannya menyambut umpan sepak pojok tak mampu diantisiasi De Gea yang hanya terpana melihat jala gawangnya bergetar.

Namun saat laga memasuki menit terakhir, Aspas muncul sebagai pahlawan. Dia membobol gawang lewat sontekan sambil membelakangi gawang saat menerima umpan Dani Carvajal.

Wasit sempat menganulir gol tersebut karena Aspas dinilai dalam posisi offside. Namun dari hasil VAR (Video Assistant Referee), Aspas dalam posisi on-side sehingga wasit mengesahkan gol tersebut dan skor akhir menjadi 2-2.

Susunan pemain Spanyol vs Maroko

Spanyol (4-2-3-1): 1-David De Gea; 2-Daniel Carvajal, 3-Gerard Pique, 15-Sergio Ramos, 18-Jordi Alba; 5-Sergio Busquets, 10-Thiago Alcantara (Marco Asensio 74'); 21-David Silva (Rodrigo 84'), 22-Isco, 6-Andres Iniesta; 19-Diego Costa (Iago Aspas 74')

Pelatih: Fernando Hierro

Maroko (4-2-3-1): 12-Munir; 2-Achraf Hakimi, 6-Romain Saiss, 4-Manuel da Costa, 17-Nabil Dirar; 14-Mbark Boussoufa, 8-Karim El Ahmadi; 7-Hakim Ziyech (Aziz Bouhaddouz 85'), 10-Younes Belhandav (Faycal Fajr 63'), 16-Nordin Amrabat; 13-Khalid Boutaib (Youssef En-Nesyri 72')

Pelatih: Herve Renard

Wasit: Ravshan Irmatov (Uzbekistan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com