Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecat Butler, Persipura Akan Ditangani Duet Tony-Alan

Kompas.com - 22/06/2018, 20:04 WIB
Hamzah Arfah,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kabar mengejutkan datang dari Persipura Jayapura, penghuni peringkat kelima dalam daftar klasemen sementara Liga 1 2018. Per Jumat (22/6/2018), manajemen resmi mengakhiri kerja sama dengan pelatih kepala Peter Butler.

Kepastian tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum Persipura, Benhur Tomy Manno. Ia menyatakan, keputusan tersebut sudah melalui serangkaian proses pertimbangan matang dari seluruh jajaran manajemen Persipura.

“Setelah melakukan rapat evaluasi beberapa hari, kami putuskan untuk tidak lagi melanjutkan kerja sama dengan Peter Butler. Kami berterima kasih atas jasa beliau beberapa bulan ini, terutama keberanian beliau memberikan kesempatan kepada pemain muda Papua,” ujar Benhur dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (22/6/2018).

(Baca juga: Rencana Besar Indonesia Bersama Negara Tetangga untuk Piala Dunia 2034)

“Kami sangat hormati keputusan beliau terkait pemain muda, itu luar biasa. Kami hargai juga, karena coach Peter memaklumi keputusan kami ini. Untuk itu, kami berharap coach Peter Butler bisa segera melanjutkan karier kepelatihan dan sukses selalu, kami semua berterima kasih kepada beliau,” ucap dia.

Sebelum libur :ebaran, skuad Persipura masih berada di bawah komando Peter Butler dan total telah menuntaskan 13 pertandingan pada putaran pertama Liga 1. Mereka menorehkan 19 poin, hasil dari lima kali menang, empat kali imbang, dan empat kali kalah.

“Apa yang kami putuskan ini, setelah mempertimbangkan banyak hal. Tim ini dibebankan harus menang karena itu harapan masyarakat, jadi kami berharap keputusan ini bisa membawa perubahan positif,” kata dia.

Pelatih Persipura Jayapura, Peter Butler bersama Hilton Moreira saat hadir dalam konferensi pers usai laga kontra Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (12/5/2018)KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Pelatih Persipura Jayapura, Peter Butler bersama Hilton Moreira saat hadir dalam konferensi pers usai laga kontra Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (12/5/2018)

Adapun untuk sementara waktu, Persipura bakal ditangani Tony Ho yang sebelumnya menjabat sebagai asisten pelatih. Dia dibantu Alan Haviludin yang menjabat sebagai pelatih kiper.

“Sementara waktu kami berikan tanggung jawab kepada Tony Ho dan Alan Haviludin, untuk menangani tim sampai ada keputusan terkait pelatih pengganti. Saya sudah perintahkan manajer (Rusdi Maswi) untuk segera cari pelatih pengganti, tambah pelatih fisik, dan juga tambah pemain Asia. Mudah-mudahan bisa segera terselesaikan dalam waktu dekat,” tutur dia.

Skuad Persipura bakal melanjutkan kiprah mereka di pentas Liga 1 dengan menjamu Bhayangkara FC di Stadion Mandala, Jayapura, 7 Juli 2018. Empat hari sebelumnya, mereka dijadwalkan menghadapi Yahukimo FC di tempat sama pada babak 128 besar Piala Indonesia 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com