Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2018, 03:02 WIB
Hanief Syafi Al Umam,
Jalu Wisnu Wirajati

Tim Redaksi

ST PETERSBURG, KOMPAS.com - Timnas Rusia berhasil menang 3-1 atas timnas Mesir pada laga penyisihan Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Petersburg, Selasa (19/6/2018) atau Rabu dini hari WIB.

Gol Rusia berhasil dicetak melalui gol bunuh diri Ahmed Fathi pada menit ke-47, Denis Cheryshev (59'), dan Artem Dzyuba (62'). Sedangkan gol Mesir dicetak oleh Mohamed Salah melalui eksekusi penalti (73').

Rusia akan otomatis lolos andai Arab Saudi gagal menang atas Uruguay pada pertandingan Rabu (20/6/2018). Hanya, dengan selisih 7 gol, secara matematis langkah Rusia lolos takkan terbendung.

Meski kecil, Mesir juga masih bisa menaruh harapan. Mereka berharap Arab Saudi menang atas Uruguay untuk membuka kans tiga tim punya dua poin pada klasemen akhir Grup A.

Baca Juga: 9 Negara Ini Tak Pernah Absen di Piala Dunia 20 Tahun Terakhir

Babak pertama pertandingan dikuasai oleh Mesir, namun hanya Rusia malah mendapatkan satu tendangan tepat ke gawang.

Rusia sempat mendapatkan peluang pada menit ke-5. Kesalahan yang dilakukan pemain bertahan Mesir tidak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Aleksndr Golovin.

Pada menit ke-14, giliran Mesir mendapatkan kesempatan melalui tendangan pojok. Namun, berkali-kali pertahanan Rusia berhasil menggagalkan upaya Salah dkk cetak gol.

Trezeguet sempat mengancam gawang Rusia melalui tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-15. Hanya, bola masih terlalu melebar dari gawang yang dijaga oleh Igor Akinfeev.

Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia kali ini tidak mau kalah. Pada menit ke-17, Denis Cheryshev melakukan tendangan langsung tetapi bola masih melebar di atas gawang Mohamed El Shenawi.

Mohamed Salah mendapatkan peluang emas pada menit ke-41. Hanya, tak ada gol tercipta dalam 45 menit pertama. 

Dua menit setelah kick-off babak kedua, bek Mesir, Ahmed Fathi melakukan kesalahan dengan mengubah arah dari tendangan pemain Rusia sehingga Mohamed El Shenawi gagal menangkap bola liar tersebut. Skor 1-0. 

Denis Cheryshev berhasil menambah keunggulan Rusia pada menit ke-59 melalui umpan silang yang dilakukan oleh Mario Fernandes.

Belum cukup dengan dua gol, Rusia kembali menambahkan keunggulan melalui aksi individual Artem Dzyuba (62'). Skor menjadi 3-0 untuk keunggulan Rusia.

Sepuluh menit berselang, Mesir berhasil mengatasi ketertinggalan melalui eksekusi penalti Mohamed Salah. Skor berubah menjadi 3-1 dengan keunggulan Rusia.

Susunan pemain pertandingan antara Rusia melawan Mesir:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com