Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swedia Vs Korea Selatan, VAR dan Penalti Kembali Menentukan

Kompas.com - 18/06/2018, 21:05 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Jalu Wisnu Wirajati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Swedia mengalahkan Korea Selatan dengan skor tipis 1-0 pada laga penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 di Stadion Nizhny Novgorod, Senin (18/6/2018).

Kemenangan Swedia ditentukan oleh penalti Andreas Granqvist pada menit ke-65. Vonis penalti ini didapat setelah wasit meninjau tayangan ulang melalui Video Bantu Wasit (VAR).

Dengan hasil ini, Swedia menyamai Meksiko di puncak klasemen Grup F dengan koleksi tiga poin berkat kemenangan identik 1-0. Korea Selatan menemani Jerman di peringkat ketiga dan keempat.

Baca juga: 9 Negara Ini Tak Pernah Absen dalam 20 Tahun Piala Dunia Terakhir

Jika melihat data statistik, Swedia pantas menang karena menguasai laga dan menciptakan empat peluang emas. Sebaliknya, Korea Selatan tidak mampu menciptakan satu tembakan tepat sasaran selama 90 menit pertandingan.

Pertandingan berjalan dengan tempo sedang pada 15 menit pertama. Kedua tim terlihat masih mencari-cari bentuk permainan terbaiknya di awal laga.

Peluang emas bagi Swedia terjadi pada menit ke-20. Marus Berg yang sudah berhadapan dengan kiper Cho Hyun-woo gagal memanfaatkan peluang. Tendangan kaki kirinya masih mengenai kaki sang kiper.

Tidak ada peluang yang tercipta sehingga babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Pada babak kedua, kedua tim bermain lebih terbuka dan silih berganti melancarkan serangan. Korea Selatan hampir saja mencetak gol andai sundulan Kim Shin-wook tidak membentur mistar gawang pada menit ke-52.

Terjadi insiden pada menit ke-62 saat Kim Min-woo melakukan tekel terhadap Viktor Claesson di kotak penalti. Wasit yang awalnya tidak menganggap pelanggaran memilih untuk melihat tayangan ulang lewat VAR.

Wasit Joel Aguilar akhirnya mengubah keputusan dan memberi penalti kepada Swedia. Kapten Swedia, Andreas Granqvist, yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Buruknya penyelesaian akhir membuat Korea Selatan selalu gagal mengonversi peluang menjadi gol. Skor 1-0 untuk kemenangan Swedia bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Swedia 1-0 Korea Selatan (Andreas Granqvist 65'-penalti) 

Swedia: 1-Robin Olsen; 2-Mikael Lustig, 18-Pontus Jansson, 4-Andreas Granqvist, 6-Ludwig Augustinsson; 17-Viktor Claesson, 7-Sebastian Larsson (G. Svensson 81'), 8-Albin Ekdal (O. Hiljemark 71'), 10-Emil Forsberg; 9-Marcus Berg, 20-Ola Toivonen (I. Thelin 77')

Pelatih: Janne Andersson

Korea Selatan: 23-Cho Hyun-woo; 6-Park Joo-ho (Kim Min-woo 29'), 19-Kim Young-gwon, 20-Jang Hyun-soo, 2-Lee Yong; 13-Koo Ja-cheol (Lee Seung-woo (73'), 16-Ki Sung-yueng, 17-Lee Jae-sung; 7-Son Heung-min, 9-Kim Shin-wook (Jung Woo-young 66'), 11-Hwang Hee-chan

Pelatih: Shin Tae-Yong

Wasit: Joel Aguilar (El Salvador)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com