Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips bagi Anda yang Berencana Saksikan Langsung Piala Dunia di Rusia

Kompas.com - 13/06/2018, 13:30 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber BolaSport
Laporan langsung wartawan Bolasport, Firzie A Idris, dari Moskwa, Rusia
 
KOMPAS.com - Tim BolaSport.com berbincang dengan Agie Jaya, mahasiswa Indonesia yang telah tinggal di Moskwa selama dua tahun terakhir untuk mengetahui apa saja yang perlu dibawa jika Anda berencana terbang ke Rusia untuk Piala Dunia 2018.
 
Agi merupakan mahasiswa Moscow State University yang mengambil bidang studi Railway Engineering.
 
Saat bertemu dengan BolaSport.com di bawah rintikan hujan dekat Red Square di pusat kota Moskwa pada Selasa (12/6/2018), ia membagikan tips bagi mereka yang ingin berangkat ke Piala Dunia 2018.
 
 
"Rusia ini unik, walau secara resmi ada empat musim, tetapi orang-orang lokal suka mengatakan bahwa negara ini hanya punya dua musim, panas dan dingin," ujar pemuda berusia 20 tahun itu.
 
"Biarpun summer, di sini sering dingin. Anda yang datang lebih baik membawa jaket walaupun tak perlu menyiapkan coat, kupluk, atau sarung tangan," lanjutnya.
 
Agie Jaya (kanan) berpose bersama BolaSport.com dan Tabloid BOLA di Zaryadye Park, Moskow, pada Selasa (12/6/2018).TABLOID BOLA/HERKA YANIS PANGARIBOWO Agie Jaya (kanan) berpose bersama BolaSport.com dan Tabloid BOLA di Zaryadye Park, Moskow, pada Selasa (12/6/2018).
 
Kemudian, ia juga mengatakan bahwa para pendatang harus menyiapkan pelembap kulit karena udara di Moskwa sangat dingin sehingga bisa membuat kulit menjadi kering. Begitu pun lip balm juga lebih baik dipersiapkan karena bibir menjadi kering karena udara dingin ini. 
 
Soal bahasa, ia mengutarakan bahwa ada tips-tips dari channel YouTube Permira (Perhimpunan Mahasiswa di Rusia). 
 
Di sana bisa ditemukan berbagai pelajaran singkat mengenai belajar bahasa setempat dari para mahasiswa Tanah Air yang merantau. 
 
 
Terakhir, ia menyarankan agar para pendatang mengunduh beberapa aplikasi penting, seperti untuk menggunakan Metro. 
 
"Di sini transportasi utamanya Metro (kereta bawah tanah). Kalian bisa memakai aplikasi bernama Yandex Metro untuk mengetahui jalur dan jadwal kereta," ujarnya. 
 
Aplikasi yang lebih komprehensif terkait transportasi umum adalah Yandex Transport. Kita bisa melakukan sinkronisasi terhadap moda transportasi Metro, tetapi juga yang di atas tanah seperti tram, bus, dan angkutan umum lainnya.
 
Terakhir, Agie mengatakan bahwa aplikasi Uber, Gett, dan Yandex Taxi bisa digunakan untuk "memanggil" kendaraan bermotor jika tujuan yang ingin dituju tak terjangkau Metro atau bus.
AFP Pemain Bintang Piala Dunia 2018
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com