Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Spanyol, Pedrosa Sebut Lorenzo Biang Tabrakan

Kompas.com - 07/05/2018, 19:32 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

JEREZ, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, menyalahkan Jorge Lorenzo (Ducati) sebagai penyebab insiden tabrakan yang terjadi pada balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5/2018).

Insiden di tikungan ke-6 tersebut melibatkan tiga pebalap. Pedrosa, Lorenzo dan Andrea Dovizioso (Ducati) mengalami peristiwa itu saat balapan menyisakan delapan putaran. Ketiga pebalap ini tabrakan dan terjatuh sehingga gagal menyelesaikan balapan.

Bagi Dani, insiden yang merugikan tiga pebalap di baris depan itu tidak lepas dari kesalahan Lorenzo yang terlalu agresif menempati posisi kedua.

"Oke mungkin Lorenzo tidak melihat saya, tidak memprediksi saya di sana atau apa pun," ucap Pedrosa dikutip BolaSport.com dari Crash.

"Namun, dia tidak menahan motornya dan berakhir dengan tabrakan," tutur Pedrosa menambahkan.

Baca juga: Inilah Dampak Buruk Insiden di Jerez bagi Kesehatan Dani Pedrosa

Merasa kesal dengan peristiwa tersebut, Pedrosa pun menghampiri race director guna meminta keterangan.

"Saya bertanya kepada mereka (race director), 'Bagaimana Anda menilai ini?' Karena saya tak tahu," ucap Pedrosa.

"Saya sebenarnya ingin Lorenzo dapat penalti, namun tidak jadi. Saya hanya ingin race director mengetahui dengan jelas apa yang terjadi," tambah pebalap Spanyol ini.

Drama GP Spanyo ini bermula ketika Dovizioso mencoba menyalip Lorenzo untuk menempati posisi kedua. Upaya Dovizioso sempat berhasil, tetapi memasuki tikungan berikutnya, Dovizioso melebar sehingga memberi ruang kepada Lorenzo untuk kembali menyalip.

Akan tetapi, manuver Lorenzo ini tidak berjalan mulus. Lalai memperhatikan Pedrosa yang mencoba melewati kedua pebalap Ducati dari sisi dalam tikungan, motor Lorenzo justru menyenggol motor Pedrosa.

Sontak, Pedrosa terpental dari tunggangannya, sementara Lorenzo yang oleng menyenggol motor Dovizioso.

Tabrakan yang melibatkan Dovizioso-Lorenzo-Pedrosa menjadi berkah tersendiri bagi Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3) dan Andrea Iannone (Suzuki Ecstar).

Dua pebalap tersebut berhasil memanfaatkan situasi. Zarco dan Iannone finis di urutan kedua dan ketiga, di belakang Marc Marquez (Repsol Honda). (Bayu Nur Cahyo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com