Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liga Inggris, Newcastle Beri Arsenal 5 Kekalahan Tandang Beruntun

Kompas.com - 15/04/2018, 21:44 WIB
Hanief Syafi Al Umam,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Newcastle United menang 2-1 ketika menjamu Arsenal pada pekan ke-34 Liga Inggris di Stadion St James' Park, Minggu (15/4/2018). Ini menjadi kekalahan kelima secara beruntun yang dialami Arsenal dalam laga tandang.

Gol Newcastle dicetak oleh Ayoze Perez pada menit ke-29 dan Matt Ritchie (68'). Sementara itu gol Arsenal dicetak oleh Alexandre Lacazette pada menit ke-14.

Newcastle menurunkan skuad terbaiknya. Beberapa kali Newcastle memberikan ancaman tetapi mampu diredam oleh barisan pertahanan Arsenal.

(Baca Juga: 3 Kekalahan Beruntun Manchester City adalah Bukti Kesadisan Guardiola kepada Pemainnya)

Arsenal tampil dominan pada babak pertama karena mereka menguasai bola hingga mencapai 71 persen. Gol pun tercipta pada menit ke-14 lewat Lacazette, yang memaksimalkan umpan Pierre-Emerick Aubameyang.

Newcastle bisa membalas untuk menyamakan kedudukan melalui gol Perez pada menit ke-29. Dia memanfaatkan umpan silang DeAndre Yedlin untuk melepaskan tendangan ke sudut sempit gawang tanpa bisa dihalau kiper Arsenal, Petr Cech.

Striker Newcastle United asal Spanyol, Ayoze Perez (kiri), melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Arsenal dalam pertandingan Premier League di St James Park, Newcastle, Minggu (15/4/2018).LINDSEY PARNABY/AFP Striker Newcastle United asal Spanyol, Ayoze Perez (kiri), melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Arsenal dalam pertandingan Premier League di St James Park, Newcastle, Minggu (15/4/2018).

Menjelang turun minum, Arsenal nyaris unggul. Sayang, Joe Willock yang merupakan pemain debutan, gagal mengonversi umpan matang Lacazette, sehingga skor tetap 1-1 saat jeda.

Pada babak kedua, Newcastle bisa mencetak gol kemenangan. Sorakan publik tuan rumah bergemuruh setelah Matt Ritchie membuat The Toon Army unggul 2-1 pada menit ke-68.

The Gunners sebenarnya sempat beberapa kali mengancam gawang tuan rumah yang dikawal Martin Dubravka. Namun serangan pasukan Arsene Wenger bisa dipatahkan barisan pertahan Newcastle.

Hingga peluit panjang dibunyikan, Newcastle mampu mempertahankan keunggulan 2-1 sekaligus menorehkan kemenangan pertama setelah menunggu 13 tahun. Pasalnya, terakhir kali Newcastle menang atas Arsenal terjadi pada tahun 2005.

Dengan hasil ini, Newcastle mengumpulkan total 41 poin dan menempati peringkat ke-10 klasemen sementara. Sedangkan Arsenal terpaku di posisi keenam dengan nilai 54, unggul dua angka atas Burnley.

Situasi ini sangat membahayakan bagi Arsenal dalam usahanya meraih tiket Eropa pada musim depan. Andai Burnley bisa menggesernya dari posisi keenam maka Arsenal terlempar dari zona Eropa (Liga Europa).

Susunan pemain:

Newcastle United (4-2-3-1): 12-Martin Dubravka; 22-DeAndre Yedlin, 6-Jamaal Lascelles, 20-Florian Lejeune, 3-Paul Dummet; 8-Jonjo Shelvey, 10-Mohamed Diame; 15-Kenedy, 11-Mat Ritchie, 17-Ayoze Perez; 9-Dwight Gayle

Cadangan: 26-Karl Darlow, 2-Ciaran Clark, 19-Javier Manquillo, 14-Isaac Hayden, 7-Jacob Murphy, 13-Islam Slimani, 21-Joselu.

Pelatih: Rafael Benitez

Arsenal (4-2-3-1): 33-Petr Cech; 21-Calum Chambers, 20-Skodran Mustafi, 16-Rob Holding, 18-Nacho Monreal, 35-Mohamed Elneny, 29-Granit Xhaka; 69-Joseph Willock, 17-Alex Iwobi; 14-Pierre Emerick-Aubameyang; 9-Alexandre Lacazette

Cadangan: 13-David Ospina, 30-Ainsley Maitland-Niles, 4-Per Mertesacker, 31-Sead Kolasinac, 61-Reiss Nelson, 23-Danny Welbeck, 62-Edward Nketiah

Pelatih: Arsene Wenger

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com