Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesulitan soal Biaya, Atlet MMA Indonesia Tetap Jalani Operasi

Kompas.com - 13/04/2018, 14:50 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ricky Asriel Refwalu, atlet seni bela diri campuran atau mixed martial arts (MMA) asal Indonesia, yang mengalami cedera kepala serius, akan menjalani operasi hari ini, Jumat (13/4/2018), pukul 16.00 WIB di Rumah Sakit Pusat Otak Cawang, Jakarta Timur.

Tindakan tersebut harus dilakukan meskipun hingga saat ini pihak Ricky masih sulit untuk menutup biaya operasi yang sangat besar.

Ricky mengalami koma setelah mendapat pukulan sikut saat bertanding melawan atlet Malaysia, Muzz Antar, dalam kompetisi Johor Internasional Muaythai Championship (JIMC) III 2018 di Stadium Tertutup Perbandaran Pasir Gudang, Johor, Malaysia, Sabtu (7/4/2018).

Menurut manajer Ricky, Agus Setiawan, tindakan ini harus segera dilakukan karena sempat tertunda saat Ricky terbaring koma di Malaysia.

Baca juga : Atlet MMA Indonesia Alami Cedera Serius hingga Koma di Malaysia

"Kami memberanikan diri mengambil keputusan operasi meskipun untuk dana operasi kami belum memiliki sesuai rincian dari rumah sakit," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (13/4/2018).

Untuk melakukan operasi ini, biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 90 juta, di luar biaya perawatan, kamar, dan obat-obatan.

"Biaya yang kami gunakan saat ini dari Granat, donasi dari teman-teman atlet, dan dana pribadi," ujar Agus.

Ricky kembali ke Indonesia dari Malaysia pada hari Selasa (10/4/2018). Hingga saat ini, pihak Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) belum memberi respons terkait permohonan bantuan dana dari Ricky.

Baca juga : Ricky Refwalu, Atlet MMA yang Koma, Cinta Keluarga dan Martial Arts

"Sampai saat ini, tidak ada respons dari instansi pemerintah. Kemenpora maupun BOPI belum memberi bantuan," tutur Agus.

Agus juga meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut mendoakan kelancaran operasi Ricky.

"Mohon seluruh rakyat Indonesia untuk ikut mendoakan agar Ricky diberi kemudahan dan kelancaran saat operasi nanti," ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com