Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zidane Bersimpati kepada Buffon

Kompas.com - 12/04/2018, 16:30 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.com — Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane menyimpan rasa kasihan kepada kiper Juventus, Gianluigi Buffon. Pasalnya, sang kapten mengakhiri laga dengan cara yang tidak mengesankan akibat kartu merah yang diterimanya.

Insiden pengusiran Buffon ini terjadi ketika Real Madrid menjamu Juventus pada leg kedua babak perempat final Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu (11/4/2018) atau Kamis dini hari WIB. Buffon diusir pada saat injury time karena protes berlebihan terhadap keputusan penalti yang dijatuhkan wasit.

Dalam laga tersebut, Real Madrid kalah 1-3. Meskipun demikian, Los Blancos, yang berstatus juara bertahan, berhak maju ke semifinal karena unggul agregat 4-3.

(Baca Juga: Banding Gol Diterima, Harry Kane Sukses Dekati Mohamed Salah dalam Daftar Top Scorer Liga Inggris)

Satu-satunya gol El Real dicetak oleh Cristiano Ronaldo melalui eksekusi penalti pada menit ke-90+8. Namun, momen tersebut diwarnai oleh kartu merah yang diberikan kepada Buffon. Ini yang membuat Zidane bersimpati terhadap bekas rekan setimnya itu.

"Menurut saya dia tidak pantas keluar lapangan dengan cara demikian, tetapi semua sudah telanjur. Kartu merah tersebut takkan mengubah kontribusi Buffon sepanjang pertandingan," kata Zidane, dilansir BolaSport.com dari Goal.

Kartu merah untuk Buffon tersebut terindikasi membuat kiprahnya berakhir antiklimaks. Ini karena musim depan Buffon kemungkinan besar gantung sarung tangan alias pensiun.

Wajar jika Zidane bersimpati kepada Buffon. Kariernya sebagai pesepak bola pun berakhir dengan catatan hitam.

(Baca juga: Pep Guardiola: Lihat Barcelona Hari Ini!)

Zidane juga pernah mengalami hal serupa. Dia mendapat kartu merah saat membela Perancis dalam laga final Piala Dunia 2006 yang merupakan laga pamungkasnya sebagai pesepak bola.

Dia diusir dari lapangan karena menanduk bek Italia, Marco Materazzi, dalam laga di Berlin, Jerman, pada Juli 2006 tersebut. Tanpa Zidane, Perancis kalah dari Azzurri yang secara kebetulan mengandalkan Buffon sebagai kiper dalam pertandingan itu.

Zidane pun mengatakan bahwa Buffon sebaiknya tidak buru-buru memutuskan pensiun.

"Buffon pemain hebat. Pertandingan hari ini mungkin bukan kemunculan terakhirnya di Liga Champions," ucap Zidane. (Lariza Oky Adisty)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com