Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gabriel Jesus Bawa Brasil Balas Dendam atas Jerman

Kompas.com - 28/03/2018, 05:19 WIB
Jalu Wisnu Wirajati

Editor

Sumber BolaSport

BERLIN, KOMPAS.com - Gabriel Jesus tentukan kemenangan tim nasional Brasil atas timnas Jerman pada laga uji coba di Stadion Olimpiade Berlin, Selasa (27/3/2018) atau Rabu dini hari WIB. Kemenangan 1-0 ini membalas kekalahan Brasil pada semifinal Piala Dunia 2014. 

Laga di Stadion Olimpiade ini merupakan pertemuan pertama kedua tim setelah semifinal Piala Dunia 2014. Kala itu, Brasil yang bermain sebagai tim tuan rumah dipermalukan habis-habisan oleh Jerman karena mengalami kekalahan 1-7.

Hasil tersebut jelas menjadi momok buat Tim Samba. Aroma balas dendam pun cukup kental di pertandingan kali ini.

(Baca Juga: Eden Hazard Tidak Layak Dibandingkan dengan Lionel Messi)

Hasil pertandingan bersejarah itu pun membuat pelatih Brasil, Tite, menurunkan komposisi pemain terbaik yang dimiliki di semua lini meski tanpa sang megabintang, Neymar. Ada kombinasi Willian, Philippe Coutinho, dan Gabriel Jesus di posisi depan.

Sementara itu, di laga ini pelatih Jerman, Joachim Loew, tidak bisa diperkuat tiga pilar utama, yakni Thomas Mueller, Mesut Oezil, dan Emre Can. Bahkan, pemain sekelas Mar-Andre ter Stegen, Mats Hummels, dan Sami Khedira hanya menghuni bangku cadangan.

Marvin Plattenhardt, Leroy Sane, dan Ilkay Guendogan mendapat kesempatan bermain sejak menit pertama.

Sejak menit pertama bergulir, pertandingan tampak cukup alot di lini tengah meski kedua kesebelasan sama-sama memperlihatkan upaya-upaya menyerang. Tidak banyak peluang tercipta hingga 30 menit laga bergulir.

(Baca Juga: Keinginan Lionel Messi Memenangi Piala Dunia Memang Tak Tertandingi)

Namun, setelah mendapatkan peluang pertama dengan melepas tendangan yang masih melayang di atas mistar gawang Jerman, Gabriel Jesus sukses memecahkan kebuntuan dengan memaksimalkan peluang keduanya.

Pada menit ke-37, berawal dari umpan silang Willian, Gabriel Jesus menyambutnya dengan melepaskan tandukan bola. Kiper Jerman, Kevin Trapp, sebenarnya bisa menghalau, tetapi tidak sempurna karena bola tetap merangsek masuk ke dalam gawangnya.

Setelah unggul 1-0 di babak pertama, tidak terlihat perubahan permainan signifikan pada paruh kedua laga ini. Laga tetap terlihat alot dan kedua tim kesulitan membuat banyak peluang bagus di depan gawang lawan.

 

Gol Gabriel Jesus di babak pertama pun menjadi satu-satunya yang tercipta di laga ini dan memastikan kemenangan Brasil. (Wisnu Nova) 

Jerman 0-1 Brasil (Gabriel Jesus 37')

Jerman: 1-Kevin Trapp, 16-Antonio Ruediger, 17-Jerome Boateng (26-Niklas Sule 68'), 2-Marvin Plattenhardt, 18-Joshua Kimmich, 24-Leon Goretzka (20Julian Brandt 61'), 8-Toni Kroos, 21-Ilkay Guendogan (11-Timo Werner 81'), 19-Leroy Sane (25-Lars Stindl 61'), 7-Julian Draxler, 23-Mario Gomez (9-Sandro Wagner 62')

Brasil: 1-Alisson, 3-Miranda, 14-Thiago Silva, 12-Marcelo, 2-Dani Alves, 5-Casemiro, 15-Paulinho, 17-Fernandinho, 11-Philippe Coutinho (7-Douglas Costa 73'), 19-Willian, 9-Gabriel Jesus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com