Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simon McMenemy dan Bhayangkara FC Disorot oleh Media Asing

Kompas.com - 16/03/2018, 07:26 WIB
Hanief Syafi Al Umam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy, disebut oleh BBC sebagai pelatih asal Britania Raya yang tidak dikenal di negeri sendiri tetapi bersinar di negeri orang.

Kecemerlangan McMenemy dimulai pada 2010 ketika membawa tim nasional Filipina, yang sebelumnya dianggap sebagai tim "kurcaci" di Asia Tenggara, melaju ke semifinal Piala AFF 2010.

Meski saat itu kalah dari Indonesia, McMenemy bersama timnya disambut bak pahlawan sekembalinya ke Filipina.

"Ada banyak orang di bandara dan menunggu kedatangan kami. Ada banyak kamera dan semua orang melakukan wawancara. Rasanya kami seperti menghidupkan olahraga baru di Filipina," tutur McMenemy seperti dilansir BolaSport.com dari BBC, 9 Maret 2018.

Baca juga: Inilah 5 Tim yang Paling Rutin Tampil di Perempat Final Liga Champions, Salah Satunya Manchester United

BBC juga menyoroti sepak terjang McMenemy kala melatih klub asal Indonesia, Bhayangkara FC. Pada musim pertama membesut tim berjulukan The Guardian itu, McMenemy langsung sukses mempersembahkan gelar juara.

Padahal, waktu itu tidak ada yang menjagokan Bhayangkara FC akan keluar sebagai kampiun akhir musim Liga 1 2018.

Oleh karena itu, BBC menyebut Bhayangkara FC sama seperti Leicester City.

Leicester City pernah menjadi juara Liga Inggris pada musim 2015-2016. The Foxes mematahkan dominasi tim-tim besar dan berhasil menjadi juara Liga inggris di bawah arahan pelatih Italia, Claudio Ranieri.

"Awalnya, saya melihat peluang untuk mencatatkan nama saya dalam sejarah. Meskipun Bhayangkara dulunya tim papan tengah yang kurang populer, saya yakin bisa membawa mereka juara," tutur McMenemy mengisahkan awal mula mau melatih Bhayangkara FC.

Dengan demikian, McMenemy menjadi pelatih asal Inggris Raya pertama yang sukses menjuarai Liga Indonesia(Taufan Bara Mukti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com