Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barito Putera Masih Cari Komposisi Tim yang Paling Pas

Kompas.com - 03/03/2018, 14:01 WIB
Wijaya Kusuma,
Jalu Wisnu Wirajati

Tim Redaksi


YOGYAKARTA,KOMPAS.comBarito Putera bermain imbang 2-2 dengan PSMS Medan dalam laga uji coba di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (2/3/2018) sore. Laga uji coba itu menjadi sarana pelatih Barito mencari komposisi tim terbaik sebelum berlaga di Liga 1.

Gol Barito Putra dicetak oleh striker anyarnya Samsul Arif Munif pada babak pertama. Satu gol tambahan terjadi dibabak kedua lewat N. Fahmi.

Asisten pelatih Barito Putera, Yunan Helmi, mengatakan bahwa dalam laga uji coba melawan PSMS Medan, pemain yang diturunkan berbeda dengan laga-laga sebelumnya.

(Baca juga: Real Madrid Bakal Jual 10 Pemain, TermasuK Teman Kesayangan Cristiano Ronaldo)

"Pada pertandingan tadi, kami mengubah komposisi. Dari beberapa kali uji coba, kami selalu ubah (susunan pemain), skenarionya memang seperti itu," ujar Yunan Helmi. 

Yunan menuturkan, tim yang ada saat ini dipersiapkan untuk kompetisi Liga 1 musim 2018. Karena itu, uji coba melawan tim-tim Liga 1 merupakan bagian dari proses persiapan tim.

"Setelah hasil di Piala Presiden belum sesuai, kami perlahan-lahan mulai mencari lawan-lawan tim yang seimbang," ucap dia.

"Kami tetap mengubah komposisi pemain. Coach  Jacksen F Tiago masih mencari formula yang tepat sehingga memang setiap kali uji coba pasti pemainnya berbeda-beda," ujar dia.

Menurut dia, ada satu hal yang harus diperbaiki ketika melihat laga melawan PSMS Medan. Hal itu adalah mengenai mental bertanding para pemain.

"Kinerja harus ditingkatkan, lalu masih ada beberapa pemain yang mental juaranya perlu ditempa lagi," ucap Yunan. 

(Baca Juga: Bercermin dari Owen dan Walcott, Bocah Ajaib Fulham Meniti Asa Tampil di Piala Dunia 2018)

"Makanya, kami melakukan uji coba semua di luar, enggak di kandang. Itu untuk menempa mental mereka," tuturnya.

Seusai melawan PSMS Medan, Barito Putera akan menjalani laga uji coba lagi melawan juara Liga 1 musim lalu, Bhayangkara FC. Laga uji coba ini akan di gelar di Jawa Timur.

"Rencananya dengan Bhayangkara FC di Jawa Timur," pungkasnya. (K75-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com