Cara Malaysia Menghukum Wasit yang Salah Ambil Keputusan - Kompas.com

Cara Malaysia Menghukum Wasit yang Salah Ambil Keputusan

Nugyasa Laksamana
Kompas.com - 28/12/2017, 10:00 WIB
Para pemain PSAD Balikpapan dihalangi tentara saat melakukan protes keras ke asisten wasit saat mereka melakoni laga kontra Aceh United untuk perebutan posisi tiga Liga 3 musim 2017 di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Minggu (17/12/2017).BOLASPORT.COM/GONANG SUSATYO Para pemain PSAD Balikpapan dihalangi tentara saat melakukan protes keras ke asisten wasit saat mereka melakoni laga kontra Aceh United untuk perebutan posisi tiga Liga 3 musim 2017 di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Minggu (17/12/2017).

KOMPAS.com - Federasi sepak bola Malaysia ( FAM) memberikan hukuman bagi para pengadil lapangan alias wasit yang dianggap mengambil keputusan tidak benar.

Seperti dilansir BolaSport.com dari New Strait Times, tindakan tersebut diambil setelah komite wasit memeriksa 18 aduan yang dibuat selama Liga Malaysia musim 2017 bergulir.

Baca juga : 7 Gol Spektakuler Sepanjang 2017, Ada dari Liga 1

Setidaknya ada 10 wasit yang mendapatkan hukuman tersebut.

Dengan rincian enam wasit mendapatkan hukuman skorsing, sementara empat lainnya dibekukan untuk sementara.

Kesepuluh wasit tersebut dihukum tak lepas dari pengambilan keputusan yang tidak tepat di pertandingan Liga Malaysia musim 2017.

Ketua Komite Wasit FAM, Subkhiddin Mohd Salleh mengatakan keempat wasit yang dibekukan akan ditinjau lagi lewat rapat penilaian wasit.

"Tindakan tersebut diberlakukan setelah kami meninjau setiap keluhan yang diterima. Kami akan meninjau kembali keempat wasit yang telah dibekukan," ujar Subkhiddin.

"Apakah kami akan mengizinkan mereka untuk memimpin laga turnamen tertinggi, diskors untuk jangka waktu tertentu atau diturunkan ke liga kasta kedua, semuanya akan tergantung pada pemeriksaan ulang yang akan kami lakukan nanti."

Baca juga : Persib Menang pada 2 Uji Coba, Mario Gomez Belum Puas

Dari 18 pengaduan yang diterima selama musim lalu, Departemen Wasit FAM juga mengeluarkan dua peringatan kepada wasit yang juga melakukan kesalahan, salah satunya diturunkan ke kasta kedua sementara lima keluhan lainnya ternyata tidak akurat.

Sementara itu untuk musim 2018, Liga Malaysia akan punya total 191 wasit.

Jumlah tersebut akan meningkat setelah tes kebugaran kedua dijadwalkan pada Februari 2018. (Bagaskara Setyana Adhie Perkasa)

PenulisNugyasa Laksamana
EditorJalu Wisnu Wirajati
SumberBolaSport
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM