Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Final Piala Pertiwi 2017, Tekad Papua dan Kalbar Raih Gelar Juara

Kompas.com - 13/12/2017, 11:22 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber PSSI

KOMPAS.com - Duel tim Kalimantan Barat (Kalbar) melawan Papua tersaji dalam laga puncak Women's Football Road to Asian Games Piala Pertiwi 2017 di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang, Rabu (13/12).

Kalbar yang dianggap tim kejutan hingga lolos ke final memulai laga di penyisihan dengan menang 8-1 atas Jambi.

Namun, selanjutnya, Kalbar takluk 0-1 saat melawan Jawa Barat. Meskipun kalah, Kalbar mewakili Grup A dengan status runner-up.

Selanjutnya, di perempat final, Kalbar secara mengejutkan mampu menaklukkan tuan rumah Sumatera Selatan dengan hasil tipis 1-0.

Baca juga : 2018, Timnas Islandia Lawan Indonesia Selection dan Timnas U-23

 

Di semifinal, Kalbar kembali melawan bertemu Jawa Barat, tetapi kali ini mereka menang 2-1 lewat babak perpanjangan waktu.

Sementara itu, Papua dari awal event ini berlangsung dianggap sebagai tim unggulan. Status juara bertahan pun membuat mereka mulus di babak penyisihan.

Pada penyisihan grup C, Papua mengalahkan Bengkulu dengan skor 11-0 dan Bali 3-0, lalu di perempat final Papua menaklukkan Banten dengan skor akhir 2-0.

Pada semifinal, Senin (11/12/2017) kemarin di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang, Papua dipaksa memainkan babak adu penalti setelah dalam waktu normal dan perpanjangan waktu ditahan imbang Bangka Belitung 3-3.

Namun di babak adu penalti, Papua berhasil unggul 3-2 dan berhak melaju ke babak final.

Pelatih Papua, Semuel Welya, mengatakan timnya sudah siap tempur menghadapi laga final. Ia menyatakan kondisi timnya tidak ada yang masalah. Dia pun menegaskan anak asuhnya tidak akan memandang remeh Kalbar.

"Kami bertekad meraih juara Piala Pertiwi 2017. Kalbar saya rasa tim yang bagus, apalagi tim ini selalu tampil mengejutkan. Kami siap tampil maksimal serta status juara bertahan membikin kita tambah percaya diri," kata Semuel.

Sementara itu, pelatih Kalbar, Sofie Imam Faizal, memuji tim Papua sebagai unggulan di ajang ini. Ia pun menyatakan bahwa Papua mempunyai banyak pemain yang berpengalaman dan berkualitas.

"Tentu ini bakal menjadi laga yang menarik untuk kedua tim. Kami sadari Papua tim yang bagus, tetapi kami tidak mau menyerah begitu saja. Kami siap melawan dan sudah punya formula untuk menjinakkan tim Papua," kata Sofie.

"Kami ingin membuat sejarah dengan menjadi juara," kata pelatih yang mengantongi lisensi B AFC ini.

Kick-off laga puncak antara Kalbar versus Papua akan berlangsung pada pukul 15.00 WIB. Sebelumnya, digelar perebutan tempat ketiga antara Jawa Barat melawan Bangka Belitung pada pukul 08.00 WIB di tempat yang sama.

 

Halaman:
Sumber PSSI
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com