Firman Utina Putuskan Pensiun dari Lapangan Hijau - Kompas.com

Firman Utina Putuskan Pensiun dari Lapangan Hijau

Kompas.com - 25/11/2017, 13:29 WIB
Eks penyerang timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto (kiri), dan gelandang Sriwijaya FC, Firman Utina, berpose dengan trofi Piala AFF 2016 yang dipamerkan di kawasan fx Sudirman, Jakarta, 5 November 2016.BERI BAGJA/JUARA.net Eks penyerang timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto (kiri), dan gelandang Sriwijaya FC, Firman Utina, berpose dengan trofi Piala AFF 2016 yang dipamerkan di kawasan fx Sudirman, Jakarta, 5 November 2016.

TANGERANG, KOMPAS.com - Mantan kapten tim nasional Indonesia, Firman Utina, memutuskan gantung sepatu dan mundur dari sepak bola profesional.  Pemain yang pada Liga 1 2017 memperkuat Bhayangkara FC itu memutuskan pensiun.

Hal itu disampaikan oleh Firman Utina saat membuka turnamen sepak bola usia muda bertajuk Firman Utina Cup di Lapangan Sepak Bola Lapas Pemuda, Kota Tangerang, Sabtu (25/11/2017).

Pemain asal Manado, Sulawesi Utara, itu pun memberikan alasannya mengapa memilih gantung sepatu pada usianya yang baru menginjak 35 tahun.

Menurut Firman, di usianya yang sudah menginjak angka 35 tahun sudah cukup merasakan pengalaman bermain sepak bola.

(Baca Juga: Madura United Punya Peluang Besar untuk Membawa Bek Sriwijaya FC)

Delapan klub asal Indonesia sudah dibela oleh pemain yang identik dengan nomor punggung 15 itu. Kedelapan klub itu adalah Persma Manado, Persita Tangerang, Arema Malang, Pelita Jaya, Persija Jakarta, Sriwijaya FC, Persib Bandung, dan Bhayangkara FC.

Persita menjadi klub terlama bagi pemain kelahiran 15 Desember 1981, Firman membela klub tersebut selama lima musim.

"Insya Allah saya akan pensiun untuk musim depan. Saya lebih fokus di usia ini. Bagi saya cukup karena sudah memberikan kesempatan saya sebagai pemain," " kata Firman Utina, Sabtu (25/11/2017). 

(Baca Juga: Bima Sakti Akui Beban Jadi Pelatih Timnas U-19 Indonesia)

"Saya juga berterima kasih semua klub rata-rata sudah pernah bermain di sana, termasuk klub-klub besar. Saya juga berterima kasih dari merekalah, dari tim nasional, saya bisa seperti ini sebagai pesepak bola," tuturnya.

Usai memutuskan pensiun, Firman akan melanjutkan kariernya sebagai pelatih usia muda. Pria yang baru berlisensi C AFC itu juga sudah memiliki Sekolah Sepak Bola (SSB) Firman Utina Akademi di Tangerang.

Rencananya Firman akan kembali mengambil lisensi kepelatihan B AFC dan A AFC. Sebab, ada tujuan dari Firman untuk melatih klub-klub profesional di Indonesia.

(Baca Juga: Achmad Jufriyanto Berikan Tanggapan soal Kenaikan Peringkat Indonesia di FIFA)

"Setelah jadi pemain, saya ingin ambil lisensi pelatih. Setelah ambil lisensi pelatih saya akan mengembangkan sepak bola usia dini," kata Firman.

Sebelum Firman, ada dua pemain Indonesia lainnya yang juga memutuskan pensiun untuk musim depan.

Pertama adalah gelandang PSM Makassar, Syamsul Chaerudin, dan kapten Borneo FC, Ponaryo Astaman, yang sudah memiliki lisensi kepelatihan A AFC. (Hary Prasetya) 


EditorJalu Wisnu Wirajati
SumberBolaSport

Close Ads X