Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipecat, Ventura Terima Pesangon Rp 13,8 Miliar yang Dicicil

Kompas.com - 16/11/2017, 08:21 WIB

KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) telah memutuskan memecat Gian Piero Ventura dari kursi pelatih tim nasional Italia. Langkah ini diambil setelah Azzurri gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Seperti dilansir BolaSport.com dari BBC, FIGC mengumumkan kabar tersebut pada Rabu (15/11/2017) waktu sempat. Ventura dipecat lantaran tidak mampu mengalahkan Swedia pada babak play-off Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Italia dipastikan tidak lolos setelah hanya bermain imbang 0-0 melawan Swedia pada leg kedua babak play-off di Stadion Giuseppe Meazza, Senin (13/11/2017) atau Selasa dini hari WIB. Hasil imbang tersebut tidak cukup menutup kekalahan 0-1 pada leg pertama di Friends Arena, Solna, Jumat (10/11/2017).

(Baca Juga: Kualat, Italia Memang Lebih Baik Batal ke Piala Dunia 2018)

Kegagalan itu menjadi pengalaman pertama buat tim berjulukan Gli Azzurri sejak 1958.

Pemecatan ini membuat Ventura dilaporkan akan mendapatkan pesangon sebesar 866.000 euro atau sekitar Rp 13,8 miliar. Kendati demikian, jumlah tersebut tidak langsung diberikan kepada Ventura, melainkan dicicil.

Ventura sebenarnya telah mendapatkan pembaruan kontrak awal tahun ini dan membuat ikatan kontraknya berlaku hingga 2020. Namun, pembaruan tersebut masih tergantung pada hasil kualifikasi Piala Dunia, jadi dengan kata lain perpanjangan kontrak tersebut batal karena Ventura gagal meloloskan Italia.

(Baca Juga: Main di Play-Off, Rekor Tandang Irlandia Masih Bersih)

Ventura juga diketahui menolak untuk mengundurkan diri sehingga FIGC harus mengambil langkah untuk memecatnya dan membayarkan sisa kesepakatan sebelumnya yang berlaku hingga Juni 2018.

"Kontrak itu benar dan seperti semua pelatih lain, dia mendapatkan apa yang menjadi haknya," kata Renzo Olivieri dari Asosiasi Pelatih Italia.

Ventura digaji sebesar 1,3 juta euro per tahun. Dengan sisa delapan bulan perjanjian kontraknya, berarti FIGC masih harus membayar sebesar 866.000 euro kepadanya.

Namun, FIGC dilaporkan akan tetap melanjutkan pembayaran gaji Ventura ketimbang membayarkannya secara langsung dengan jumlah sebesar itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com