Tim Dinamit ke Piala Dunia dengan Rekor Mengesankan - Kompas.com

Tim Dinamit ke Piala Dunia dengan Rekor Mengesankan

Kompas.com - 15/11/2017, 09:52 WIB
Gelandang timnas Denmark, Christian Eriksen, mendapatkan penjagaan ketat dari para pemain Irlandia pada pertandingan play-off Piala Dunia 2018 di Kopenhagen, Sabtu (11/11/2017).AFP Gelandang timnas Denmark, Christian Eriksen, mendapatkan penjagaan ketat dari para pemain Irlandia pada pertandingan play-off Piala Dunia 2018 di Kopenhagen, Sabtu (11/11/2017).

KOMPAS.com - Timnas Denmark menjadi perwakilan terakhir zona Eropa ke putaran final Piala Dunia 2018. Tim Dinamit melaju ke Rusia dengan rekor mengesankan.

Selasa (13/11/2017) atau Rabu dini hari WIB, tiket ke Piala Dunia 2018 disambar timnas Denmark setelah melibas tuan rumah Irlandia 5-1 di Aviva Stadium, Dublin. Lima gol Denmark dilesakkan oleh Andreas Christensen (menit ke-29), Christian Eriksen (32', 63', 74'), serta Nicklas Bendtner (90'-penalti).

Seluruh torehan pasukan Age Hareide lahir justru setelah mereka tertinggal akibat gol cepat Shane Duffy untuk tuan rumah (6').

(Baca Juga: Kualat, Italia Memang Lebih Baik Batal ke Piala Dunia 2018)

"Sungguh hebat, terutama ketika kami bangkit dari ketertinggalan. Kami tidak stres, mencoba bermain, mencetak peluang dan mendapatkan gol," ucap Hareide, dikutip BolaSport.com dari situs UEFA.

Denmark lolos dengan agregat 5-1 setelah bermain imbang 0-0 di Copenhagen pada leg pertama.

"Keyakinan adalah hal sangat penting dalam sepak bola. Anak-anak bersatu dan memberikan performa fantastis dalam setiap laga," kata Hareide lagi.

Selain menampilkan comeback memikat di Dublin, Denmark layak mendapatkan jatah ke Piala Dunia berkat penampilan menawan yang mereka tunjukkan belakangan. Christian Eriksen cs tak terkalahkan sejak dipukul Montenegro 0-1 pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 (11/10/2016).

(Baca Juga: Kontingen Eropa Komplet, Inilah 30 Negara yang Telah Lolos ke Piala Dunia 2018)

Artinya, sudah setahun lebih Tim Dinamit absen ditekuk lawan. Sejak kekalahan dari Montenegro itu, Denmark menjalani 11 partai dengan 6 laga di antaranya berujung kemenangan.

Jalannya Pertandingan

Tengah pekan ini, Irlandia sebenarnya memiliki keuntungan dengan status tuan rumah dan skor 0-0 pada laga pertama di markas Denmark. Mereka juga sempat melebarkan asa via gol pembuka dari tandukan Shane Duffy pada menit keenam.

Namun, situasi berubah 180 derajat dalam kurun 15 menit terakhir babak pertama yang diwarnai dua gol Denmark. Pertama, Denmark menyamakan kedudukan berkat gol tembakan Andreas Christensen yang lebih dulu mengenai pemain lawan Cyrus Christie.

Dua menit berselang, Eriksen membawa Denmark unggul dengan memanfaatkan servis Nicolai Joergensen dalam skenario serangan balik.

Selepas jeda, terutama 30 menit terakhir laga, Denmark semakin menggila. Eriksen mencetak gol keduanya dengan tembakan jarak jauh pada menit ke-63. Kiprah Eriksen genap dengan torehan hat-trick sebelas menit berselang.

Derita Irlandia masih bertambah gara-gara pelanggaran James McClean di kotak terlarang. Maju sebagai eksekutor, Nicklas Bendtner menembak bola ke pojok atas gawang tanpa mampu diantisipasi oleh Darren Randolph. Skor 5-1 untuk kemenangan Denmark menutup pertandingan ini sekaligus menggagalkan langkah tuan rumah ke Rusia.

EditorAloysius Gonsaga AE
SumberBolaSport
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM