Balikpapan Masters Cup, Eks Pemain Arsenal-Liverpool Mulai Berdatangan - Kompas.com

Balikpapan Masters Cup, Eks Pemain Arsenal-Liverpool Mulai Berdatangan

Kontributor Balikpapan, Dani Julius Zebua
Kompas.com - 04/11/2017, 10:10 WIB
Robert Pires serta lima veteran sepak bola yang lain tiba lebih awal. Mereka langsung disambut ratusan fans di Balikpapan.KOMPAS.com/Dani J Robert Pires serta lima veteran sepak bola yang lain tiba lebih awal. Mereka langsung disambut ratusan fans di Balikpapan.

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Mantan pemain klub besar Liga Inggris, Arsenal dan Liverpool, berangsur tiba di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, sejak Jumat (3/11/2017) sore.

Bersama kedatangan mereka, para mantan pemain tim nasional Indonesia juga satu demi satu hadir.

Mereka yang lebih dahulu tiba adalah eks pemain Liverpool, seperti John Arne Riise, Phil Babb, David James, hingga Jari Olavi Litmanen.

Selain mereka, juga ada mantan gelandang Arsenal, Robert Emmanuel Pires. 

Tidak ketinggalan pula mantan pemain timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto dan Bima Sakti.

"Mereka (yang lainnya) dalam perjalanan menuju Jakarta dan Bangkok. Sangat sulit mendatangkan mereka karena kesibukan mereka, tetapi kami sangat menghargai ketika mereka akhirnya bersedia hadir di sini," kata Ian Holahan, dari Master Football, Jumat malam.

Baca juga : Empat Pemain Persiba Balikpapan Ini Bakal Laris

 

Mereka dijadwalkan untuk saling bertemu dalam laga para veteran yang bertajuk " Balikpapan Masters Cup (BMC) 2017" pada 5 November 2017. Stadion baru Batakan di Balikpapan menjadi tempat pertandingan.

Sejak Jumat siang, para pemain terus berdatangan. Yang dijadwalkan tiba seperti Mikael Silvestre hingga Nwankno Kanu. Sabtu ini saja, sejumlah pemain juga dijadwalkan masih akan berdatangan, seperti Rob Jones hingga Emile Heskey.

Veteran Liverpool dan Arsenal akan diperkuat masing-masing 16 pemain. Sementara itu, veteran timnas akan diperkuat 18 pemain. Ketiga tim akan bertanding dengan sistem trofeo atau setiap permainan akan berlangsung selama 45 menit. 

"Kami tidak sabar untuk bertemu Minggu besok," kata Holahan.

Semua pesepak bola ini rencananya akan menjalani lima hari lawatan di Balikpapan. Tidak hanya pertandingan persahabatan, mereka juga dijadwalkan akan memberi coaching clinic bermain bola bagi anak-anak Indonesia hingga menerima kunjungan fans klub besar keduanya.

Promotor pertandingan, Yasser Arafat, mengungkapkan, event ini terlaksana berkat kerja sama antara iSportainment sebagai promoter BMC, bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Balikpapan.

"Supaya banyak orang di dunia mengenal bahwa Balikpapan layak mengadakan event internasional. Maka, mari kita sukseskan, penuhi stadion, dan bikin mereka bangga," kata Yasser.

Riise terlihat hadir lebih awal. Ia mengungkapkan, mereka juga tidak sabar untuk segera bertanding pada Minggu nanti.

"Semua akan menikmati pertandingan," kata Riise.

Sementara itu, Kurniawan Dwi Yulianto, mantan striker timnas, mengharapkan pertandingan nanti bisa memotivasi pemuda warga negara Indonesia untuk berkembang di bidang olahraga sepak bola, tidak hanya di dalam negeri.

"Kalau sekarang kita yang menonton mereka, next ada pemain-pemain dari Indonesia yang bermain di liga Eropa," kata Kurniawan.

20.000 penonton

Stadion Batakan menjadi tuan rumah laga BMC. Stadion ini memiliki kapasitas 40.000 kursi. Jumlah itu diklaim semegah Stadion Emirates, kebanggaan Arsenal.

Promotor Yasser mengungkapkan, pihaknya membuka kesempatan menonton hingga 20.000 kursi yang disediakan. Menurut dia, dengan angka itu saja, stadion akan terasa sangat ingar bingar.

"Pemkot memberi kami kesempatan untuk tribune bawah saja. Di atas 15.000 saja terisi sudah luar biasa," kata Yasser.

Yasser Arafat mengungkapkan, pihaknya mengharapkan stadion nanti terisi penuh. Panitia menargetkan 20.000 penonton menyesaki kursi yang sudah disediakan. Kini, kata Yasser, lebih dari 15.000 tiket sudah terjual.

"Tiket masih ada, tetapi sudah hampir sold out. Kita akan tunjukkan bahwa masyarakat Balikpapan adalah tuan rumah yang baik," kata Yasser.

PenulisKontributor Balikpapan, Dani Julius Zebua
EditorEris Eka Jaya
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM