Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supersub Man United, Neville Samakan Martial dengan Solksjaer

Kompas.com - 01/11/2017, 10:36 WIB

KOMPAS.com - Kontribusi besar striker Manchester United, Anthony Martial, sebagai pemain pengganti membuat Phil Neville menyamakan penyerang internasional Perancis itu dengan Ole Gunnar Solskjaer. Pria asal Norwegia itu pernah menjadi legenda supersub pada era kejayaan Setan Merah.

Martial mempersembahkan gol kemenangan bagi Man United saat mengalahkan Tottenham Hotspur di Old Trafford, Sabtu (28/10/2017), pada pekan ke-11 Liga Inggris 2017-2018. Martial membobol gawang tim tamu pada menit ke-81 atau selang 11 menit setelah dirinya masuk ke lapangan sebagai pengganti Marcus Rashford.

Gol sebagai pemain pelapis itu bukan kali pertama dipersembahkan Martial, setidaknya pada sepanjang musim 2017-2018. Lesakan tersebut adalah persembahan keempat Martial sebagai pemain pengganti dalam semua ajang yang dimainkan Man United pada awal musim ini.

Performa hebat Martial sebagai supersub itu mengingatkan Neville kepada sosok Solskjaer, yang membela Man United pada 1996-2007 atau dalam salah satu era terbaik Setan Merah.

Pemain Manchester United, Ole Gunnar Solksjaer (kiri), melepaskan tembakan yang coba dihalau kiper Reading, Marcus Hahnemann. Bola mengenai tiang sebelum dilesakkan oleh Cristiano Ronaldo menjadi gol, dalam pertandingan Premier League di Old Trafford, Manchester, 30 Desember 2006. ANDREW YATES/AFP Pemain Manchester United, Ole Gunnar Solksjaer (kiri), melepaskan tembakan yang coba dihalau kiper Reading, Marcus Hahnemann. Bola mengenai tiang sebelum dilesakkan oleh Cristiano Ronaldo menjadi gol, dalam pertandingan Premier League di Old Trafford, Manchester, 30 Desember 2006.

"Martial adalah senjata luar biasa. Jika Anda bek sayap dan bertahan selama 60-65 menit menghadapi pemain seperti Marcus Rashford dan Martial yang juga memiliki kecepatan masuk ke lapangan, hal tersebut akan sangat menghancurkan jiwa," ucap Neville kepada Sky Sports.

"Saya tidak berpikir Martial khawatir soal menjadi starter atau tidak, karena perannya bagi tim sangat besar. Dia sama seperti Solskjaer pada medio 1999 yang mampu memberi kontribusi besar sebagai pelapis," tuturnya.

Solskjaer adalah salah satu supersub terbaik yang pernah dimiliki Man United. Buktinya, dia sukses mempersembahkan gol kemenangan pada final Liga Champions 1998–1999 ke gawang Bayern Muenchen hanya melalui sentuhan pertamanya setelah masuk sebagai pengganti pada menit-menit akhir laga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com