Mantan Striker AC Milan Dikabarkan Jadi Presiden Liberia - Kompas.com

Mantan Striker AC Milan Dikabarkan Jadi Presiden Liberia

Kompas.com - 12/10/2017, 18:49 WIB
Mantan striker international Liberia yang beralih ke dunia politik, George Weah, bergabung dengan para pendukungnya saat melakukan kampanye di Monrovia pada 8 Oktober 2017, tiga hari menjelang pemilihan presiden Liberia. Liberia untuk pertama kalinya akan memilih presiden baru dalam 12 tahun setelah Ellen Johnson Sirleaf tak tergantikan selama periode itu.
ISSOUF SANOGO/AFP Mantan striker international Liberia yang beralih ke dunia politik, George Weah, bergabung dengan para pendukungnya saat melakukan kampanye di Monrovia pada 8 Oktober 2017, tiga hari menjelang pemilihan presiden Liberia. Liberia untuk pertama kalinya akan memilih presiden baru dalam 12 tahun setelah Ellen Johnson Sirleaf tak tergantikan selama periode itu.

KOMPAS.com - Mantan pesepak bola top dunia, George Weah, dikabarkan menjadi pemenang dalam pemilih presiden Liberia. Meskipun demikian, sampai saat ini tak ada keterangan resmi karena komisi pemilihan Liberia melarang diadakannya pengumuman.

Menurut ynaija.com, mantan bintang AC Milan dan Paris Saint-Germain (PSG) tersebut berada di urutan teratas hasil penghitungan sementara. Dia mengungguli wakil presiden saat ini, Joseph Boakai, yang menjadi pesaing terberat.

Weah, yang pernah menyabet penghargaan Pemain Terbaik Dunia dan Ballon d'Or 1995, pensiun dari sepak bola pada 2003. Setelah itu, pria 51 tahun tersebut banting setir menjadi politisi dan kini akan menjadi suksesor presiden Ellen Johnson Sirleaf.

Selama masih berprofesi sebagai pesepak bola, Weah menorehkan sejumlah prestasi yang membanggakan. Mantan pemain Chelsea dan Manchester City ini pun pernah menyabet penghargaan Pemain Afrika Terbaik sebanyak tiga kali.

Legenda LIberia George Weahstarafrica Legenda LIberia George Weah

Sementara itu untuk level internasional, dia mengalahkan legenda sepak bola Jerman, Juergen Klinsmann, dalam perebutan penghargaan Pemain Terbaik Dunia 1995.

Weah bukan satu-satunya pesepak bola yang beralih haluan menjadi politisi. Ada sejumlah mantan pemain top dunia yang juga berkecimpung di dunia tersebut seperti Pele dan Zico yang sama-sama menjabat sebagai menteri olahraga Brasil.

EditorAloysius Gonsaga AE
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM