Lari nan Cepat Sengsarakan Gareth Bale... - Kompas.com

Lari nan Cepat Sengsarakan Gareth Bale...

Anju Christian
Kompas.com - 04/10/2017, 14:07 WIB
Pemain Real Madrid, Gareth Bale, melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Espanyol, dalam lanjutan La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (18/2/2017).JAVIER SORIANO/AFP Pemain Real Madrid, Gareth Bale, melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Espanyol, dalam lanjutan La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (18/2/2017).

KOMPAS.com - Lari nan cepat menjadi andalan Gareth Bale untuk mengelabui lawan, tetapi tak jarang malah mengantarkan bintang Real Madrid itu ke ruang perawatan. Terakhir, Bale menderita cedera otot betis sehingga melewatkan laga antara timnas Wales dengan Georgia dan Irlandia pada Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Cedera otot bukanlah kasus pertama buat Bale. Menurut rekaman Transfermarkt, dia sudah menderita 12 cedera, delapan di antaranya menyerang otot, sejak bergabung dengan Real Madrid pada 2013.

Baca Juga: Berdasarkan Statistik, Real Madrid Justru Senang Tanpa Gareth Bale

Intensitas cedera otot ini ditengarai akibat dari gaya Bale yang kerap mengandalkan kecepatan. Ya, dilansir dari sebuah penelitian asal Meksiko pada Februari 2017, Bale marupakan pesepak bola tercepat di dunia.

Dengan catatan 36,9 kilometer per jam, dia mengungguli Orlando Berrio (Kolombia) dan Juergen Damm (Meksiko). Dengan kemampuan olah bola yang cukup mumpuni, Bale pun kerap memperlambat larinya ketika menemui ruang cukup sempit.

Baca Juga: Berdasarkan Statistik, Real Madrid Justru Senang Tanpa Gareth Bale

Skenario seperti itu ternyata meningkatkan risiko Bale menderita cedera otot. Hal tersebut diakui seorang dokter asal Amerika Serikat, Matt Greig, dalam buku berjudul "Soccer-Specific Fatigue and Eccentric Hamstrings Muscle Strength".

Otot disebut sangat menderita ketika seorang atlet memperlambat lari secara tiba-tiba. Hal seperti itu juga bisa memicu cedera otot yang sebelumnya pernah diderita seorang atlet menjadi kambuh.

Itulah yang dialami Gareth Bale. Lantas, apakah sudah saatnya Bale mematikan fitur seribu langkah demi menjaga kelangsungan kariernya?

PenulisAnju Christian
EditorAloysius Gonsaga AE
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM