Acungkan Jari Tengah, Dele Alli Terancam Hukuman Tiga Pertandingan - Kompas.com

Acungkan Jari Tengah, Dele Alli Terancam Hukuman Tiga Pertandingan

Kompas.com - 05/09/2017, 12:25 WIB
Gelandang timnas Inggris, Dele Alli, melepaskan tembakan yang gagal menghasilkan gol dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Slovakia di Wembley Stadium, London, 4 September 2017.
GLYN KIRK/AFP Gelandang timnas Inggris, Dele Alli, melepaskan tembakan yang gagal menghasilkan gol dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Slovakia di Wembley Stadium, London, 4 September 2017.

KOMPAS.com - Gelandang timnas Inggris, Dele Alli, terancam dijatuhi hukuman oleh Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) akibat ulahnya di atas lapangan. Jika terbukti bersalah, dia bakal absen dalam tiga laga internasional.

Dele Alli kedapatan mengacungkan jari tengah saat Tim Tiga Singa mengalahkan Slovakia 2-1 di Stadion Wembley dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018, Senin (4/9/2017). Beberapa kalangan menilai gerakan tersebut ditujukan kepada wasit Clement Turpin karena kebetulan posisi mereka saling berhadapan.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia, Rashford Menangkan Inggris

Sang pemain lantas buru-buru membantah dengan mengatakan bahwa acungan jari tengah itu hanya bentuk canda untuk rekan setim.

Jika insiden di London masuk laporan pertandingan, maka Alli bisa diganjar hukuman tiga pertandingan karena dianggap sebagai pelanggaran serius.

"Larangan tampil dalam tiga laga atau periode tertentu bagi pemain yang menghina ofisial pertandingan," demikian bunyi peraturan UEFA.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Dunia, Inggris Menang Telak

"Dalam kasus pelanggaran serius, tindakan disipliner dapat diambil meski wasit dan asistennya tidak melihat kejadian tersebut," tambah pernyataan otoritas tertinggi sepak bola Benua Biru.

Terlepas dari kejadian Alli, Inggris memuncaki klasemen Grup F berkat kemenangan atas Slovakia. Mereka mengemas 20 poin dari hasil delapan kali bertanding, unggul lima angka atas Slovakia yang berada di urutan kedua.

Dengan dua partai tersisa, skuad asuhan Gareth Southgate hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan diri lolos ke putaran final di Rusia pada musim panas tahun depan.

EditorAloysius Gonsaga AE
SumberBolaSport
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM