Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Ventura Tak Gunakan Formasi Peredam Spanyol

Kompas.com - 03/09/2017, 08:05 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Tim nasional Italia harus menerima kenyataan takluk 0-3 dari Spanyol dalam lanjutan pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (2/9/2017) atau Minggu dini hari WIB.

Gol-gol kemenangan Spanyol berhasil dipersembahkan oleh Francisco Isco (menit ke-13 dan 40') dan Alvaro Morata (77').

Kekalahan ini disinyalir harus dialami Italia akibat sikap keras kepala dari pelatih Gian Piero Ventura.

Pelatih berusia 69 tahun itu menolak untuk memainkan skema 3-5-2 yang telah terbukti manjur dalam meredam permainan Spanyol.

Dalam tiga pertemuan terakhir menghadapi Spanyol, Italia selalu memainkan skema tiga bek sejajar dan menumpuk banyak pemain di lini tengah.

Hasilnya, Italia tidak pernah kalah dari Spanyol dengan meraih satu kemenangan dan dua kali imbang.

Ventura berdalih bahwa skema 4-2-4 yang ia terapkan dalam pertandingan tersebut merupakan bagian dari sebuah proyek yang tengah ia kembangkan yang nantinya akan menjadi dasar permainan tim.

"Kami sedang mengerjakan sebuah proyek dan tidak bisa mengubah hanya karena satu pertandingan. Kami harus bermain apa adanya dan sesuai dengan apa yang diinginkan," ucap Ventura kepada Rai Sport.

"Kekalahan ini adalah sebuah pengalaman. Kami akan menganalisis dan mengambil pelajaran agar bisa berkembang. Jika hanya karena satu pertandingan dapat merusak rencana kami, itu artinya tim tidak kompetitif," tuturnya.

Hasil ini membuat Spanyol semakin mengukuhkan posisi di puncak klasemen Grup G dengan 19 poin. La Roja kini unggul tiga poin atas Italia di posisi kedua.

Hasil ini juga membuat rekor panjang tak terkalahkan Italia dalam 56 pertandingan di ajang Kualifikasi Piala Dunia harus berakhir.

Rekor Italia tersebut kini disamakan oleh Spanyol yang baru saja melengkapi 56 pertandingan tak terkalahkan di ajang yang sama sejak 2006.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com