Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SEA Games 2017, Indonesia Harus Mewaspadai Periode Produktif Malaysia

Kompas.com - 26/08/2017, 10:25 WIB

KOMPAS.com - Duel timnas Malaysia versus Indonesia pada semifinal SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam, Sabtu (26/8/2017), menjadi ajang sua tim tajam dengan tim pemilik pertahanan tertangguh.

Malaysia mencetak 10 gol sepanjang fase grup, hanya kalah banyak dari Myanmar dan Vietnam (12 gol). Ketajaman Thanabalan Nadarajah cs layak diwaspadai Indonesia sepanjang pertandingan karena produktivitas mereka tersebar merata.

Harimau Malaya mencetak masing-masing lima gol pada babak pertama dan kedua. Periode yang paling wajib diwaspadai oleh pertahanan Indonesia adalah seperempat jam terakhir menjelang turun minum dan di antara menit 61-75.

Baca Juga: SEA Games 2017, Indonesia Harus Manfaatkan Celah Menit "Neraka" Malaysia

Dalam jendela waktu tersebut, Malaysia paling sering mencetak gol dengan jumlah tiga kali memasukkan. Periode selanjutnya yang menjadi alarm buat Rezaldi Hehanusa dkk adalah seperempat jam terakhir laga.

Dalam dua partai teranyar, Malaysia mencetak dua gol selama fase waktu tersebut.

Bagus untuk timnas U-22 Indonesia, konsistensi pertahanan mereka teruji saat memasuki periode tajam Malaysia tersebut. Indonesia baru kebobolan sekali pada fase grup, paling minim bersama Thailand.

Baca Juga: Anggap Malaysia Lemah, Penyerang Thailand Pilih Indonesia di Final

Contohnya dalam laga keempat, lini belakang Indonesia terbukti kukuh bertahan dari gempuran Vietnam meski bermain dengan 10 orang dalam setengah jam terakhir setelah Hanif Sjahbandi mendapat dua kartu kuning.

Toh, catatan empat clean-sheet beruntun tak lantas jadi modal bila fokus pemain tak dipertebal sejak awal. Garuda Muda masih rawan diserang justru tak lama seusai start di tengah upaya menemukan ritme permainan yang stabil.

Satu-satunya gol ke gawang timnas juga muncul pada menit ke-14 oleh pemain Thailand, Chaiyawat Buran.

Tantangan di aspek defensif bisa bertambah lantaran dalam laga kali ini Indonesia tak bisa diperkuat defender sekaligus kapten Hansamu Yama. Hansamu absen karena akumulasi kartu, padahal dia selalu tampil penuh dalam partai fase grup.

Sebaran Gol Memasukkan Malaysia

vs Brunei 2-1 (Safawi Rasid 4', Adam Nor Azlin 60')
vs Singapura 2-1 (Muhd Nor Azam 68', Thanabalan 74')
vs Myanmar 3-1 (Thanabalan 33', 82', Safawi Rasid 35')
vs Laos 3-1 (Jafri Firdaus 26', 90+2', Adib Zainuddin 39')

Gol Kemasukan Indonesia

vs Thailand 1-1 (Chaiyawat Buran 14')
vs Filipina 3-0
vs Timor Leste 1-0
vs Vietnam 0-0
vs Kamboja 2-0

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com