Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SEA Games 2017, Andik Optimistis Indonesia Sabet Emas jika Lewati Malaysia

Kompas.com - 24/08/2017, 18:39 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Andik Vermansah mengaku bangga atas keberhasilan tim nasional U-22 Indonesia lolos ke semifinal SEA Games 2017. Dia optimistis pasukan Luis Milla bisa meraih medali emas jika melewati hadangan Malaysia.

"Sebagai warga negara Indonesia, saya bangga sekali timnas masuk semifinal," kata Andik kepada BolaSport.com.

Indonesia meraih tiket semifinal setelah mengalahkan Kamboja dengan skor 2-0 pada pertandingan terakhir penyisihan Grup B di Stadion Shah Alam, Kamis (24/8/2017).

(Baca juga Jadwal Semifinal SEA Games Indonesia Vs Malaysia, 26 Agustus 2017)

Skuad Garuda finis sebagai runner-up dengan merangkum 11 poin. Juara grup menjadi milik Thailand dengan raihan 13 poin setelah melibas Vietnam 3-0. Pada babak semifinal, Indonesia akan melawan Malaysia yang menjadi juara Grup A.

Andik yakin terhadap peluang Indonesia untuk meraih medali emas. "Kalau semifinal Indonesia bisa mengalahkan Malaysia saya yakin Indonesia bisa juara," tutur pemain Selangor FA tersebut.

Sepanjang tim sepak bola ikut serta dalam SEA Games, Indonesia baru satu kali bertemu melawan Malaysia di semifinal. Peristiwa itu terjadi pada SEA Games 2013 yang berlangsung di Myanmar.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Zayarthiri, 19 Desember 2013, Indonesia dan Malaysia bermain imbang 1-1. Bayu Gatra membawa timnas unggul pada menit ke-32, lalu dibalas Thamil Arasu pada menit ke-86.

Pada adu tendangan penalti, Indonesia menang 4-3 setelah Alfin Tuassalamony, Diego Michiels, Yandi Sofyan, dan Ferinando Pahabol sukses sebagai algojo. Hanya Manahati Lestusen yang gagal, tetapi dua penendang pertama Malaysia pada adu tos-tosan gagal melaksanakan tugasnya.

Akan tetapi, Indonesia gagal mengakhiri SEA Games 2013 dengan medali emas karena takluk 0-1 dari Thailand pada laga puncak. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com