AS Monaco Masih Bisa Melampaui Rekening Gendut Barcelona - Kompas.com

AS Monaco Masih Bisa Melampaui Rekening Gendut Barcelona

Kompas.com - 16/08/2017, 17:01 WIB
Bintang asal Brasil, Neymar, berpose dengan jersey nomor 10 di klub barunya, Paris Saint-Germain (PSG), dalam acara pekenalan dirinya di Stadion Parc des Princes, Paris, Jumat (4/8/2017). PSG menebus Neymar dari Barcelona dengan harga 222 juta euro (sekitar Rp 3,4 triliun), yang membuatnya pemain termahal di dunia.PHILIPPE LOPEZ/AFP Bintang asal Brasil, Neymar, berpose dengan jersey nomor 10 di klub barunya, Paris Saint-Germain (PSG), dalam acara pekenalan dirinya di Stadion Parc des Princes, Paris, Jumat (4/8/2017). PSG menebus Neymar dari Barcelona dengan harga 222 juta euro (sekitar Rp 3,4 triliun), yang membuatnya pemain termahal di dunia.

KOMPAS.com - Sekitar dua pekan lagi, bursa transfer musim panas 2017 di negara-negara top Eropa ditutup. Persaingan mendapatkan target idaman memasuki etape-etape terakhir.

Rekor pemain termahal di dunia sudah terpecahkan pada pekan-pekan awal Agustus. Pembelian Neymar Jr oleh Paris Saint-Germain (PSG) senilai 222 juta euro (sekitar Rp 3,4 triliun) menjadikan FC Barcelona klub dengan pemasukan terbanyak pada bursa transfer musim panas sejauh ini.

Total, rekening El Barca menggendut hingga 226 juta euro atau setara Rp 3,5 triliun. Sebanyak 98 persen pendapatan Barcelona dikontribusikan oleh Neymar sedangkan sisa 4 juta euro bersumber dari penjualan Cristian Tello ke Real Betis.

Baca Juga: Resmi, Neymar Berseragam Paris Saint-Germain

Klub dengan keuntungan terbesar kedua sampai medio Agustus ini adalah AS Monaco. Tim Liga Perancis itu disuntik dana 178,5 juta euro atau setara Rp 2,8 triliun.

Monaco membuat Manchester City membukukan rekor pembelian termahal dunia untuk posisi bek atas nama Benjamin Mendy. Sayap kiri berusia 23 tahun itu direkrut Man City dari Monaco seharga 57,5 juta euro.

Baca Juga: Kronologi Transfer Neymar dari Kontrak Anyar hingga Operasi 222

Inggris bak ladang uang yang subur bagi Monaco karena mereka pun mengantongi megaprofit dari penjualan Bernardo Silva (Man City, 50 juta euro) dan Tiemoue Bakayoko (Chelsea, 40 juta euro).

Hal menarik adalah Monaco masih bisa menggusur Barcelona sebagai tim paling tajir dari transfer window kali ini. Kondisi itu bakal terjadi apabila Monaco sukses menjual striker belia Kylian Mbappe, yang kabarnya dibanderol 180 juta euro. Remaja berusia 18 tahun itu dipantau intensif oleh PSG dan Real Madrid.

Kylian Mbappe merayakan gol AS Monaco ke gawang SM Caen pada partai lanjutan Ligue 1 - kasta pertama Liga Perancis - di Stadion Michel-dOrnano, Minggu (19/3/2017).CHARLY TRIBALLEAU/AFP Kylian Mbappe merayakan gol AS Monaco ke gawang SM Caen pada partai lanjutan Ligue 1 - kasta pertama Liga Perancis - di Stadion Michel-dOrnano, Minggu (19/3/2017).

Setelah Barca dan Monaco, trio Juventus, Chelsea, dan Real Madrid melengkapi kuintet tim dengan pemasukan terbanyak pada bursa transfer musim panas sejauh ini. Pendapatan ketiganya terpaut tipis dengan berkisar pada angka 122-an juta euro.

EditorAloysius Gonsaga AE
SumberBolaSport
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM