Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Community Shield, Berawal dari Laga Amal

Kompas.com - 06/08/2017, 07:05 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Musim baru Premier League akan dibuka dengan ajang Community Shield yang mempertemukan antara juara Premier League dan Piala FA pada musim sebelumnya. Tahun 2017, Chelsea akan berhadapan dengan Arsenal dalam ajang tersebut yang berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (6/8/2017).

Mengapa laga ini bernama Community Shield? Berikut ini adalah sejarah pertandingan praliga tersebut seperti dilansir BolaSport.com dari situs resmi FA.

Community Shield berawal dari pertandingan-pertandingan yang dinamakan FA Charity Shield yang dimulai pada tahun 1908. FA Charity Shield sendiri berasal dari pertandingan yang bernama Sheriff of London Shield.

Sheriff of London Shield ini adalah pertandingan yang mempertemukan tim pemimpin kompetisi profesional melawan tim pemimpin kompetisi amatir. Baru pada 1974, sekretaris FA saat itu, Ted Croker, mengusulkan agar Charity Shield harus dimainkan di Wembley sebagai pertandingan awal sebelum musim baru dimulai dan akan mempertemukan juara liga dan Piala FA.

Sebelum tahun 1974, pertandingan Charity Shield dimainkan di beberapa tempat. Seperti namanya, Charity Shield, pertandingan ini menjadi laga amal di mana keuntungan pertandingan akan disumbangkan.

Nama Charity Shield yang dimulai tahun 1908 bertahan hingga tahun 2002. Baru pada 2002, nama kompetisi ini berubah dari Charity Shield menjadi Community Shield.

Perubahan nama ini terjadi karena Charity Shield yang awalnya merupakan laga amal merujuk pada kata Charity, dianggap Charity Commission for England and Wales, sudah tidak termasuk kategori laga amal.

Dalam perjalanannya, Community Shield pernah beberapa kali tidak dimainkan di Stadion Wembley. Pada tahun 2001-2006, pertandingan dilangsungkan di Stadion Millenium Cardif, Wales, karena Wembley sedang direnovasi. Sedangkan pada 2012, Stadion Villa Park digunakan karena Wambley sedang digunakan untuk ajang Olimpiade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com