Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Usulkan Suporter Indonesia Bisa Miliki Saham di Klub

Kompas.com - 03/08/2017, 16:38 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber BolaSport

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, kembali mengapungkan wacana agar suporter memiliki slot saham di klub.

Hal itu dikatakan Imam dalam pidato pembuka acara Jumpa Suporter Sepak Bola Indonesia di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta, Kamis (3/8/2017) siang WIB.

"Klub sebaiknya lebih melibatkan suporter lebih dalam. Salah satunya ialah dengan memberikan jatah suporter untuk menanam saham," kata Imam.

"Dengan begitu, suporter otomatis akan lebih bertanggung jawab. Di Eropa, sudah banyak klub-klub yang tingkat keterlibatan suporternya diperluas. Salah satunya dengan saham," ucap dia.

Baca juga: Lewat Surat, Ketum Jakmania Beri Penjelasan soal Absen di Jumpa Pers

Contoh klub Eropa yang melibatkan suporter dalam kepemilikan terdapat di Liga Jerman. Suporter berhak memiliki saham sekaligus menyumbang suara dalam kebijakan klub.

Di samping itu, Imam mengimbau para suporter agar menghilangkan yel-yel rasialis. Maka dari itu, untuk membahas lebih dalam, politisi dari PKB itu berencana untuk segera menggelar Kongres Suporter Indonesia.

Selain pihak Kemenpora, acara ini juga dihadiri Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, dan perwakilan sejumlah klub.

Akan tetapi, tidak terlihat perwakilan tiga suporter klub besar Tanah Air, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, dan Persib Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com