Harga Neymar dan Mbappe "Menggila", Nilai Lima Bintang Ini Justru Turun - Kompas.com

Harga Neymar dan Mbappe "Menggila", Nilai Lima Bintang Ini Justru Turun

Kompas.com - 29/07/2017, 14:58 WIB
Kylian Mbappe merayakan gol AS Monaco ke gawang SM Caen pada partai lanjutan Ligue 1 - kasta pertama Liga Perancis - di Stadion Michel-dOrnano, Minggu (19/3/2017).CHARLY TRIBALLEAU/AFP Kylian Mbappe merayakan gol AS Monaco ke gawang SM Caen pada partai lanjutan Ligue 1 - kasta pertama Liga Perancis - di Stadion Michel-dOrnano, Minggu (19/3/2017).

KOMPAS.com - Bursa transfer musim panas 2017 ini dihiasi tawaran-tawaran dengan jumlah yang sangat fantastis. Dua pemain berpotensi menghentak dunia karena klub peminat siap menggelontorkan dana yang membuat kita hanya bisa geleng-geleng kepala, agar bisa memiliki mereka.

Ada striker muda AS Monaco, Kylian Mbappe, yang berpotensi menjadi pemain termahal di dunia jika Real Madrid benar-benar merealisasikan transfer pemain internasional Perancis itu. Menurut Marca, Real Madrid siap menebus pemain 18 tahun itu dengan harga 180 juta euro (sekitar Rp 2,81 triliun).

Selain itu ada Neymar, yang menjadi incaran Paris Saint-Germain (PSG). Bintang Barcelona tersebut bakal menyandang predikat pemain termahal di dunia yang mungkin akan sulit dipecahkan oleh siapapun andai PSG menebus klausul pelepasannya.

Barca memagari penyerang berusia 25 tahun itu dengan klausul pelepasan kontrak senilai 222 juta euro (sekitar Rp 3,4 triliun). PSG dikabarkan siap mengaktifkan klausul tersebut dan bersedia membayarnya dengan gaji 30 juta euro (sekitar Rp 469,904 miliar) per musim dari tawaran kontrak berdurasi enam tahun.

Padahal, Transfermarkt merilis nilai pasar Neymar 100 juta euro (sekitar Rp 1,566 triliun) sedangkan Mbappe "hanya" 35 juta euro (sekitar Rp 548,203 miliar).

Namun di sisi lain, ada juga pemain berlabel bintang yang harga pasanya justru menurun sangat drastis. Dilansir BolaSport dari Transfermarkt, setidaknya ada lima nama yang harganya jatuh dalam satu tahun terakhir.

1. Thomas Mueller

Thomas Mueller merayakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Norwegia pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 di Oslo, Minggu (4/9/2016). JOHN MACDOUGALL/AFP Thomas Mueller merayakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Norwegia pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 di Oslo, Minggu (4/9/2016).

Penyerang Bayern Muenchen ini mengalami penurunan harga pasar sebesar 25 juta euro karena nilainya sekarang "cuma" 50 juta euro (sekitar Rp 783,147 miliar). Nilai ini berbanding lurus dengan kontribusinya bagi Bayern karena Mueller cuma mencetak lima gol dan membuat 14 assist dalam 29 laga Bundesliga.

2. Wayne Rooney

Penyerang Everton asal Inggris, Wayne Rooney, memburu bola dalam pertandingan leg pertama putaran ketiga kualifikasi Liga Europa melawan Ruzomberok di Goodison Park, Liverpool, Kamis (27/7/2017).PAUL ELLIS/AFP Penyerang Everton asal Inggris, Wayne Rooney, memburu bola dalam pertandingan leg pertama putaran ketiga kualifikasi Liga Europa melawan Ruzomberok di Goodison Park, Liverpool, Kamis (27/7/2017).

Penyerang yang baru digaet Everton pada bursa transfer musim panas ini, memiliki harga pasar sebesar 15 juta euro. Jumlah tersebut lebih kecil dibandingkan satu tahun sebelumnya, yaitu 35 juta euro.

Musim lalu Rooney tidak menjadi pilihan utama manajer Manchester United, Jose Mourinho. Tak mengherankan bila Rooney cuma bisa mencetak lima gol dan lima assist dalam 25 pertandingan Liga Inggris, sebelum dia memutuskan untuk kembali ke bekas klubnya, Everton.

3. Angel Di Maria

Penyerang Paris Saint-Germain, Angel Di Maria, melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya ke gawang Barcelona pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Selasa (14/2/2017).
CHRISTOPHE SIMON/AFP Penyerang Paris Saint-Germain, Angel Di Maria, melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya ke gawang Barcelona pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Selasa (14/2/2017).

Pemain sayap andalan Paris Saint-Germain ini kehilangan harga sebesar 20 juta euro. Sekarang, mantan pemain Real Madrid dan Manchester United itu dihargai 40 juta euro.

Pesona Di Maria di Liga Perancis pun tidak terlalu menawan. Dari 29 pertandingan Ligue 1, pemain berusia 29 tahun dari Argentina ini mencetak enam gol dan membuat tujuh assist.

4. James Rodriguez

James Rodriguez merayakan gol Real Madrid ke gawang Leganes pada partai La Liga - kasta pertama Liga Spanyol, 5 April 2017.JAVIER SORIANO/AFP James Rodriguez merayakan gol Real Madrid ke gawang Leganes pada partai La Liga - kasta pertama Liga Spanyol, 5 April 2017.

Gelandang serang Real Madrid yang sedang dipinjamkan ke Bayern Muenchen ini sempat memiliki harga pasar 70 juta euro pada musim panas 2016. Setelah mengalami penurunan, nilai Rodriguez sekarang sebesar 50 juta euro.

Musim lalu James jarang mendapatkan kesempatan menjadi pemain inti di Santiago Bernabeu. Alhasil, mantan bintang AS Monaco ini hanya bisa menghasilkan delapan gol dan enam assist dalam 22 pertandingan Liga Spanyol.

5. Andres Iniesta

Gelandang Barcelona, Andres Iniesta, berduel dengan pemain Juventus, Miralem Pjanic, dalam pertandingan pertama perempat final Liga Champions, 11 April 2017.   GIUSEPPE CACACE / AFP Gelandang Barcelona, Andres Iniesta, berduel dengan pemain Juventus, Miralem Pjanic, dalam pertandingan pertama perempat final Liga Champions, 11 April 2017.

Gelandang tengah Barcelona berusia 33 tahun ini sekarang memiliki nilai pasar 20 juta euro. Satu tahun sebelumnya, playmaker tim nasional Spanyol tersebut terlihat lebih mewah dengan harga pasar 35 juta euro.

Musim lalu Iniesta gagal membawa Barca meraih prestasi dalam ajang bergengsi karena mereka tersingkir dari Liga Champions dan kalah bersaing dengan Real Madrid dalam perburuan gelar juara La Liga.

Dari 23 penampilannya di Liga Spanyol, Iniesta tidak pernah mencetak gol dan hanya menyumbang tiga assist.

EditorAloysius Gonsaga AE
SumberBolaSport
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM