Di SEA Games 2017, Indonesia Satu Grup dengan Thailand dan Vietnam - Kompas.com

Di SEA Games 2017, Indonesia Satu Grup dengan Thailand dan Vietnam

Eris Eka Jaya
Kompas.com - 08/07/2017, 11:27 WIB
Para pemain inti timnas U-22 saat menghadapi Persija Jakarta di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (5/4/2017).Herka Yaris/Juara.net Para pemain inti timnas U-22 saat menghadapi Persija Jakarta di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (5/4/2017).

KOMPAS.com - Tim nasional U-22 Indonesia berada satu grup dengan Thailand dan Vietnam untuk SEA Games 2017. Hal itu dipastikan dalam hasil undian yang telah ditentukan pada Sabtu (8/7/2017).

Selain Thailand dan Vietnam, Indonesia berada satu grup dengan Kamboja, Timor Leste, dan Filipina di Grup B.

Grup ini dapat dikatakan berat bagi tim asuhan Luis Milla tersebut karena Thailand adalah tim juara pada SEA Games 2015 lalu.

Adapun terkait Vietnam, masih pada SEA Games 2015, Indonesia pernah menderita kekalahan 0-5 dari tim tersebut pada perebutan peringkat ketiga.

Sementara itu, tuan rumah Malaysia berada di Grup A yang notabene "tergolong ringan". Tim Harimau Malaya, julukan Malaysia, itu berada satu grup dengan Singapura, Laos, Myanmar (peringkat kedua pada SEA Games 2015), dan Brunei.

Dua posisi teratas pada masing-masing grup berhak untuk melaju ke semifinal. 

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, sempat ada polemik terkait pengundian grup. Hal itu karena adanya mekanisme bahwa timnas U-22 Malaysia berhak untuk masuk di grup mana pun.

Namun, aturan itu mendapatkan banyak protes dari negara-negara peserta, termasuk Indonesia.

Hingga akhirnya, mekanisme undian diubah menjadi seperti yang diterapkan pada SEA Games 2015 di Singapura, yakni Malaysia sebagai tuan rumah langsung ditempatkan di Grup A, sedangkan Thailand sebagai juara bertahan ditempatkan di Grup B.

Baca juga: Aturan Undian SEA Games Untungkan Malaysia, PSSI Bersikap

Adapun jadwal untuk pertandingan sepak bola SEA Games belum dirilis untuk saat ini.

SEA Games cabang olahraga sepak bola akan dimulai pada Agustus mendatang dan timnas U-22 Indonesia saat ini masih fokus untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2018, yang akan dimulai pada 19 Juli mendatang di Chonburi, Thailand.

PenulisEris Eka Jaya
EditorEris Eka Jaya
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM