Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Derita Pelapis Manuel Neuer

Kompas.com - 29/06/2017, 08:54 WIB
Anju Christian

Penulis

KOMPAS.com - Oliver Kahn membahas persaingan penjaga gawang di tim nasional (timnas) Jerman. Menurut dia, sulit buat kiper-kiper lainnya menggusur Manuel Neuer dari posisi nomor satu.

Selain Neuer, Jerman sebenarnya masih memiliki sejumlah penjaga gawang berkualitas, di antaranya Bernd Leno, Kevin Trapp, dan Marc-Andre ter Stegen.

Pemilik nama terakhir didaulat sebagai penjaga gawang utama untuk Piala Konfederasi 2017 karena Neuer absen. Ter Stegen juga menjadi pesaing kuat untuk posisi tersebut menjelang Piala Dunia 2018.

Hanya, Kahn melihat peluang Ter Stegen dan penjaga gawang lainnya tergolong kecil untuk menggusur Neuer dari bawah mistar Jerman.

"Mereka berada di bawah bayang-bayang Neuer. Tidaklah mudah untuk memotivasi mereka," ujar Kahn.

Maklum, Neuer tergolong sangat matang sebagai penjaga gawang di level internasional. Dia selalu menjadi pilihan utama sejak Piala Dunia 2010 dan telah mencatatkan 74 penampilan.

Sosok milik Bayern Muenchen itu juga menjadi garansi minim kemasukan buat Die Mannschaft, julukan Jerman. Hanya 53 lesakan bersarang di gawang dia dengan balutan seragam timnas.

Baca: Perlukah Liverpool Hamburkan Uang demi Berlari 34 Km Per Jam?

"Neuer memang sangat dominan. Dia selalu membuktikan kualitasnya dalam pertandingan-pertandingan penting," ujar Kahn, yang juga pernah berada di posisi Neuer.

"Saat bersama timnas, Neuer jarang sekali melakukan kesalahan. Dia benar-benar bisa diandalkan untuk turnamen besar seperti Piala Dunia dan Piala Eropa," kata sang senior.

Apabila terus melanjutkan performa impresif bersama Jerman, Neuer bisa saja melampaui catatan penampilan para pendahulu seperti Kahn.

Di atas Neuer, masih ada tiga penjaga gawang dengan penampilan lebih banyak, yaitu Harald Schumacher (76), Kahn (86), dan Sepp Maier (96).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com