Menjelang Akhir Karier Arjen Robben - Kompas.com

Menjelang Akhir Karier Arjen Robben

Anju Christian
Kompas.com - 15/06/2017, 18:10 WIB
CHRISTOF STACHE/AFP Ekspresi pemain Bayern Muenchen, Arjen Robben, saat tampil pada laga Bundesliga kontra RB Leipzig, di Allianz Arena, 21 Desember 2016.

KOMPAS.com - Pemain sayap Bayern Muenchen, Arjen Robben, mengakui bahwa akhir kariernya semakin dekat.

Maklum, sosok asal Belanda itu sudah menginjak usia 33 tahun. Kontraknya bersama Bayern juga bakal berakhir pada 30 Juni 2018.

"Saya mendekati akhir karier, itulah kenyataannya. Saya mulai memikirkan langkah selanjutnya," ucap Robben.

Besar kemungkinan, manajemen tidak menambah masa bakti Robben. Tidak peduli, dia masih memberikan kontribusi vital berupa 16 gol dan 14 assist pada berbagai ajang musim 2016-2017.

Terbukti, tim beralias Die Roten mulai menyuntikkan darah muda di sektor sayap seperti Kingsley Coman dan Serge Gnabry, yang baru direkrut pada musim panas 2017.

Baca: Serge Gnabry, Rekrutan Ketiga Bayern Muenchen

Apabila demikian, ke mana Robben berlabuh? Apakah dia memilih untuk pensiun atau menyeberang ke klub lain?

"Saya bersikap tenang dan tidak terlalu mengkhawatirkan apa yang terjadi pada 2018. Satu hal yang pasti, saya akan kembali ke Belanda, ke Groningen," kata Robben.

"Masih ada ikatan kuat antara saya dan klub masa kecil itu. Saya mungkin masih bisa melakukan sesuatu di sana," ujar pemain yang berkarier di Groningen dari 1996 hingga 2002 itu.

Selama memperkuat Groningen, Robben belum sempat memberikan gelar. Dia cuma sempat menjalani 46 laga resmi yang dihiasi delapan gol di sana.

Pada musim 2016-2017, Groningen mengakhiri perjalanan Eredivisie - kasta pertama Liga Belanda - di peringkat kedelapan atau satu setrip di bawah zona play-off Liga Europa.


PenulisAnju Christian
EditorAloysius Gonsaga AE
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM