Monaco Pastikan Gelar di Liga Perancis, Putus Tren Juara PSG - Kompas.com

Monaco Pastikan Gelar di Liga Perancis, Putus Tren Juara PSG

Kompas.com - 18/05/2017, 04:38 WIB
Twitter AS_Monaco Radamel Falcao dan Kylian Mbappe merayakan gol AS Monaco ke gawang Saint-Etienne pada pertandingan Liga Perancis di Stade Louis II, Rabu (17/5/2017).

MONAKO, KOMPAS.com - AS Monaco berhasil menobatkan diri menjadi juara Ligue 1 - kasta teratas Liga Perancis - musim ini setelah menang 2-0 atas Saint Etienne, Rabu (17/5/2017) atau Kamis dini hari WIB.

Pada pertandingan tunda pekan ke-31 di Stade Louis II itu, Monaco menang berkat gol Kylian Mbappe (19') dan Valere Germain (90').

Kemenangan ini membuat Monaco berhasil memastikan diri menjadi juara Liga Perancis meski Ligue 1 masih menyisakan satu laga. Dengan koleksi 92 poin, Monaco tak mungkin dikejar oleh Paris Saint-Germain yang mengumpulkan 86 poin.

Bagi AS Monaco, gelar juara tahun ini merupakan akhir penantian selama 17 tahun. Kali terakhir mereka menjadi juara Liga Perancis terjadi pada 1999-2000.

Dalam empat musim terakhir, juara Liga Perancis dikuasai oleh PSG. Hanya, sejak musim 2013-2014, AS Monaco menjadi salah satu penantang serius klub kaya asal Paris itu.

Musim 2013-2014, Monaco bisa finis di posisi kedua di belakang PSG. Dua musim berikutnya, mereka berada di peringkat ketiga di bawah PSG dan Olympique Lyon.

Musim ini, Nice menyeruak ke persaingan tiga besar. Mario Balotelli dkk akan menemani Monaco dan PSG yang memastikan tiket ke Liga Champions musim depan.

Dua tiket ke Liga Europa menjadi milik Lyon dan Olympique Marseille yang finis di peringkat keempat dan kelima.

Angers FC yang saat ini berada di posisi ke-13 bisa merebut satu tiket tersisa andai memenangi Piala Perancis kontra PSG. Jika kalah, tiket ke kualifikasi Liga Europa akan menjadi milik tim peringkat ke-6, Bordeaux.

EditorJalu Wisnu Wirajati
Komentar

Close Ads X