Pelatih Berdarah Ambon Bawa Feyenoord Raih Gelar Juara Liga Belanda - Kompas.com

Pelatih Berdarah Ambon Bawa Feyenoord Raih Gelar Juara Liga Belanda

Kompas.com - 15/05/2017, 05:59 WIB
AFP/ROBIN VAN LONKHUIJSEN Feyenoord Rotterdam merayakan gelar juara Eredivisie musim 2016-2017 di Stadion De Kuip, Minggu (14/5/2017).

ROTTERDAM, KOMPAS.com - Feyenoord mengakhiri puasa gelar juara Liga Belanda selama 18 tahun. Adalah pelatih berdarah Ambon, Giovanni van Bronckhorst, di balik sukses Feyenoord meraih titel Eredivisie musim 2016-2017.

Feyenoord memastikan titel setelah menang 3-1 atas Heracles dalam pertandingan pekan terakhir di Stadion Feijenoord, Rotterdam, Minggu (14/5/2017).

Dirk Kuyt menjadi bintang kemenangan Feyenoord lewat torehan hat-trick. Striker senior berumur 36 tahun itu mencatatkan namanya di papan skor pada menit pertama, ke-12, dan 84'.

Skuad asuhan Van Bronckhorst finis di pucuk klasemen dengan koleksi 82 poin dari 34 laga. Mereka unggul cuma satu angka atas Ajax Amsterdam yang saat bersamaan mengalahkan Willem II lewat skor 3-1.

Baca juga: Maluku dan Sepak Bola: Potensi Hebat, Stadion Minim

Kesuksesan ini bak pelepas dahaga bagi Feyenoord. Kali terakhir mereka menguasai Liga Belanda adalah 18 musim lalu, tepatnya pada 1998–1999.

Tak hanya mendapat trofi, Feyenoord juga berhak atas tiket lolos otomatis ke Liga Champions musim depan.

Sementara itu, Ajax harus melalui jalur play-off lebih dulu jika acuannya adalah posisi finis reguler di pos runner-up Eredivisie 2016-2017.

Kebahagiaan Feyenoord semakin lengkap karena penyerang Nicolai Jorgensen menyabet gelar pencetak gol terbanyak dengan koleksi 21 gol.

Sementara itu, titel Eredivisie merupakan trofi kedua Van Bronckhorst sebagai pelatih. Mantan pemain tim nasional Belanda yang ibunya berasal dari Saparua itu pada tahun lalu sukses mempersembahkan gelar juara Piala Belanda bagi Feyenoord. 

 

EditorJalu Wisnu Wirajati
SumberJUARA
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM