Sebuah Buku Ungkap Ronaldo Dapat Disewa untuk Kepentingan Pribadi - Kompas.com

Sebuah Buku Ungkap Ronaldo Dapat Disewa untuk Kepentingan Pribadi

Eris Eka Jaya
Kompas.com - 13/05/2017, 16:45 WIB
REUTERS/Rafael Marchante Cristiano Ronaldo menghadiri upacara peresmian penamaan bandara Funchal menjadi Bandara Cristiano Ronaldo di Funchal, Portugal, 29 Maret 2017.

KOMPAS.comCristiano Ronaldo tak hanya disewa buat promosi sebuah produk. Ternyata, jasa megabintang Real Madrid itu juga bisa digunakan untuk kepentingan pribadi.

Bisnis penyewaan Ronaldo dikuak dalam buku bertajuk Football Leaks: The Dirty Business of Football. Di sana diungkapkan biaya yang harus dikeluarkan untuk memiliki sang superstar secara non-permanen.

Buku yang cuma beredar di Jerman itu menyebut bahwa tarif sewa Ronaldo untuk durasi empat setengah jam adalah 920.000 pounds atau sekitar Rp 15,7 miliar.

Si penyewa bisa melakukan banyak hal bersama Ronaldo, seperti mendapatkan tanda tangan, selfie, dan masih banyak lagi.

Kegiatan tersebut tentu menambah pemasukan Ronaldo. Dari gajinya bermain di Madrid saja, penyerang berusia 32 tahun itu sudah mengantongi 400.000 pounds per pekan.

Wajar kalau harga sewa Ronaldo dipatok setinggi langit. Keberhasilan meraih dua gelar Liga Champions, dua Ballon d'Or, dan satu Piala Eropa dalam tiga tahun terakhir menjadikan CR7 sebagai pesepak bola terbesar saat ini.

Ronaldo bukan satu-satunya bintang lapangan hijau yang "ditelanjangi" oleh Football Leaks: The Dirty Business of Football.

Di dalam buku itu juga terkuak soal upah setinggi langit dari dua pilar Manchester United, Paul Pogba dan Zlatan Ibrahimovic.

Ibrahimovic disebut mendapatkan gaji 367.600 pounds per pekan. Jumlah tersebut lebih besar dari upah Pogba yang bernilai 165.500 pounds.

Football Leaks: The Dirty Business of Football sendiri merupakan hasil karya dua jurnalis media Der Spiegel, Michael Wulzinger dan Rafael Buschmann. (Ade Jayadireja)

PenulisEris Eka Jaya
EditorEris Eka Jaya
SumberJUARA
Komentar