Prediksi Liga Champions Atletico vs Real Madrid, Memori Barcelona 1986 - Kompas.com

Prediksi Liga Champions Atletico vs Real Madrid, Memori Barcelona 1986

Kompas.com - 10/05/2017, 07:07 WIB
GERARD JULIEN/AFP Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Atletico Madrid pada laga La Liga di Stadion Vicente Calderon, Sabtu (19/11/2016).

 

MADRID, KOMPAS.com - Atletico Madrid menghadapi tantangan berat pada semifinal kedua Liga Champions kontra Real Madrid, Rabu (10/5/2017). Mereka harus membalikkan keadaan lantaran kalah 0-3 pada pertemuan pertama.

Sepanjang sejarah Liga Champions, belum ada satu pun yang tertinggal 0-3 pada semifinal bisa lolos ke partai puncak. Pengecualian terakhir ketika kompetisi masih bernama Piala Champions.

Pada 1985-1986, Barcelona melangkah ke final sekalipun kalah 0-3 pada pertemuan pertama melawan IFK Gotheborg di Swedia. Mereka membalas 3-0 di Camp Nou dan melangkah ke final setelah menang adu penalti.

"Keajaiban" Barcelona itu coba dikejar Atletico Madrid pada pertandingan semifinal kedua di Stadion Vicente Calderon. Pelatih Diego Simeone pun belum mau melempar handuk karena timnya bisa melawan segala kemustahilan.

Baca juga: Hasil Liga Champions, Juventus ke Final dengan Agregat 4-1

Berikut adalah fakta pertandingan antara Atletico Madrid dan Real Madrid di Stadion Vicente Calderon:

Jadwal siaran langsung: Kamis, 11 Mei 2017, SCTV, 01.45 WIB

Statistik jelang pertandingan

  • Dari 468 pertandingan fase gugur di kompetisi antarklub Eropa, cuma 26 tim yang berstatus tuan rumah pada laga kedua bisa melangkah ke fase berikutnya atau cuma 5,6 persen di antaranya.
  • Sepanjang sejarah Liga Champions, baru ada satu tim yang kalah 0-3 pada semifinal pertama bisa lolos ke partai puncak. Hal itu dilakukan Barcelona pada 1985-1986.
  • Real Madrid menjadi tim terproduktif sepanjang sejarah Liga Champions. Mereka membukukan 498 gol, jauh meninggalkan Barcelona (459) dan Bayern Muenchen (315).
  • Atletico tak pernah kalah di Vicente Calderon dalam pertandingan semifinal antarklub Eropa. Dari lima laga, mereka menang empat kali dan seri sekali. Laga kontra Real Madrid ini juga menjadi pertandingan pamungkas kompetisi antarklub di Vicente Calderon karena musim depan Atletico pindah markas.

Baca juga: Soal Gol di Liga Champions, Ronaldo Lewati AS Roma dan Atletico

Prediksi susunan pemain

Atlético Madrid (4-4-2): Oblak; Juanfran, Godín, Savi?, Filipe Luís; Koke, Gabi, Ñíguez, Carrasco; Griezmann, Gameiro.
Absen: Fernández
Diragukan: Vrsaljko

Real Madrid (4-3-3): Navas; Nacho, Ramos, Varane, Marcelo; Kroos, Casemiro, Modri?; Isco, Benzema, Ronaldo.
Absen: Carvajal, Bale

Komentar pelatih

Diego Simeone (Atletico Madrid): "Kami akan mencoba melakukan sesuatu yang sangat sulit, tetapi takkan menyerah hingga peluit akhir. Kami percaya pada diri kami sendiri. Saya juga percaya penuh kepada para pemain dan yakin mereka akan menunjukkan performa terbaik."

Zinedine Zidane (Real Madrid): "Setiap pertandingan tak ubahnya final, termasuk laga ini. Kami akan mencoba bermain dengan gaya kami sendiri, tetapi Atletico pasti akan berupaya merusaknya. Itu gaya mereka. Klub ini punya sejarah besar. Kami ingin membuktikan itu kepada suporter."

Baca juga: Morata Ungkap Bisikan Simeone terhadap Dirinya di Laga Liga Champions

Tren beberapa pertandingan terakhir

Atletico Madrid: Seri, menang, kalah, menang, kalah, menang
Simeone mengaku tak bisa mengistirahatkan nama penting di timnya karena keterbatasan stok pemain saat menang pada pertandingan Liga Spanyol, akhir pekan lalu. Namun, kemenangan tipis 1-0 atas Eibar di Vicente Calderon itu juga menyegel tiket Atletico ke Liga Champions musim depan.

Real Madrid: Menang, kalah, menang, menang, menang, menang
Zidane kembali melakukan rotasi pemain pada pertandingan kontra Granada. Mereka menang 4-0 di markas lawan berkat gol James Rodriguez dan Alvaro Morata. Inilah untuk kali pertama gawang Real Madrid tak kemasukan dalam dua laga beruntun sejak Januari lalu.

Prediksi skor akhir

Whoscored: Atletico 1-1 Real Madrid
Sportinglife: Atletico 0-2 Real Madrid

EditorJalu Wisnu Wirajati
Komentar

Terkini Lainnya