Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Hubungan "Marquee Player" Arema dengan Falcao dan Arda Turan?

Kompas.com - 21/04/2017, 06:48 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Juan Pablo Pino resmi bergabung dengan Arema FC sebagai marquee player pada Senin (17/4/2017). Dia merupakan teman striker tim nasional Kolombia, Radamel Falcao yang kini membela AS Monaco. 

Syarat marquee player terpenuhi karena Pino sempat membela tim besar Eropa seperti AS Monaco dan Galatasaray.

Saat di Galatasaray, Pino memiliki kenangan indah bersama Arda Turan. Berkat assist Pino yang masuk sebagai pemain pengganti, Turan mampu mencetak dua gol ke gawang OFK Beograd pada partai kualifikasi ketiga Liga Europa 2010-2011.

Pino juga sempat setim dengan Falcao saat memperkuat timnas Kolombia. Dia tampil sebagai pengganti saat melawan Peru pada Kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Amerika Selatan di Stadion Atanasio Girardot, 11 Juni 2009.

BACA JUGA: 6 Fakta Menarik tentang "Marquee Player" Arema FC, Juan Pablo Pino

Pengalaman bermain bersama Falcao itu merupakan kesempatan langka buat Pino. Sebab, dia cuma sempat menjalani dua laga bersama timnas senior dan 23 partai dengan timnas U-20.

Namun, pertemanan antara Pino dan Falcao masih terjalin hingga saat ini.

Hal tersebut diketahui dalam wawancara wartawan Kompas.com, Ferril Dennys Sitorus, dengan Pino.

Selain membicarakan soal pertemanannya dengan Falcao, dia juga mengungkapkan ambisinya bersama Arema. Berikut penuturannya:  

Boleh dijelaskan tahapan Anda bisa bergabung dengan Arema? Apakah hanya Arema yang yang mengajukan tawaran untuk Anda?

Agen saya di Kolombia menginformasikan adanya tawaran dari Indonesia melalui Jaime Rojas yang pernah main di Arema. Dia dan partnernya, Basya G Himawan, melakukan negosiasi dengan Arema.

Kebetulan saya ingin bermain di Asia dan saya dengar Indonesia punya banyak penggila sepak bola. Jadi saya mantap ambil kesempatan ini.

Saya sebenarnya banyak dapat tawaran terutama dari tim-tim di Amerika Selatan. Sedangkan dari Indonesia, Jaime dan Basya secara khusus hanya menawarkan saya ke Arema.

Apa faktor utama yang membuat Anda menerima tawaran membela Arema?

Keseriusan Arema adalah salah satu faktor utama sehingga proses negosiasinya terbilang cepat. Selain itu, sebelum ambil keputusan, saya dapat informasi bahwa Arema adalah tim kuat dengan ambisi besar menjadi juara dan ingin main di kompetisi AFC.

Hal penting lain adalah fanatisme suporternya sangat luar biasa. Saya lihat dari video yang dikirim oleh kontak saya di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com