Akhiri Penantian 36 Tahun, Brighton Promosi ke Premier League - Kompas.com

Akhiri Penantian 36 Tahun, Brighton Promosi ke Premier League

Kompas.com - 18/04/2017, 11:35 WIB
Dok. Comcast Premier League

BRIGHTON, KOMPAS.com - Brighton & Hove Albion berhasil menjadi tim pertama yang memastikan diri promosi untuk berlaga di Premier League atau kasta tertinggi Liga Inggris musim 2017-2018.

Kepastian ini didapat Brighton setelah berhasil memperkokoh posisi mereka di puncak klasemen Championship seusai mengalahkan Wigan Athletic pada pekan ke-43 dengan skor 2-1 di Stadion American Express Community, Senin (17/4/2017).

Brighton berhasil menang berkat gol Glenn Murray pada menit ke-37 dan Solomon March (65'). Adapun Wigan hanya mampu membalas sekali pada menit ke-85 melalui eks gelandang Manchester United, Nick Powell.

Kemenangan ini membuat Brighton berhasil mengoleksi 92 poin. Raihan tim berjulukan The Seagulls itu tidak bisa terkejar lagi oleh tim teratas dari zona play-off, Reading, yang baru mengumpulkan 79 angka dengan sisa tiga pertandingan.

Keberhasilan Brighton untuk bisa tampil di Premier League ini mengakhiri penantian mereka selama 36 tahun. Terakhir kali The Seagulls tampil di kasta tertinggi Liga Inggris pada musim 1980-1981 saat masih bernama First Division.

Keberhasilan ini pun dirayakan "secara berlebihan" oleh fans Brighton. Mereka berbondong-bondong memasuki lapangan pertandingan setelah pertandingan berakhir.

Adapun posisi kedua ditempati Newcastle United yang pada pekan ke-43 takluk 1-3 dari Ipswich Town di Stadion Portman Road, Senin (17/4/2017). The Magpies baru mengoleksi 85 poin atau unggul enam angka dari Reading.

Demi menghindari babak play-off, Newcastle wajib setidaknya meraih empat poin dari tiga pertandingan sisa menghadapi Preston Nort End (24/4/2017), Cardiff City (28/4/2017), dan Barnsley (7/5/2017).

Misi tersebut bukan sesuatu yang mudah bagi Newcastle. Meskipun di atas kertas kualitas tim arahan Manajer Rafael Benitez itu sedikit lebih baik dari tiga calon lawan mereka itu, performa The Magpies tengah merosot.

Dalam delapan pertandingan terakhir di Championship, Newcastle hanya meraih dua kemenangan, sedangkan sisanya berakhir dengan tiga imbang dan tiga kekalahan.

Hingga pekan ke-43, empat tempat yang ada di zona play-off dihuni oleh Reading (79 poin), Huddersfield Town (78), Sheffield Wednesday (75), dan Fulham (73).

Namun, posisi keempat tim tersebut masih belum aman hingga pekan terakhir dari ancaman Leeds United yang juga mengoleksi 73 poin.

Di zona degradasi, Rotherham United yang berada di dasar klasemen telah "memastikan diri" turun ke League One musim depan.

Dua posisi lainnya masih berusaha dihindari oleh tujuh klub, yaitu Queens Park Rangers (50 poin), Bristol City (48), Burton Albion (48), Birmingham City (47), Nottingham Forest (45), Blackburn Rovers (44), dan Wigan (40). (Verdi Hendrawan)

EditorEris Eka Jaya
SumberJUARA
Komentar