Dongeng RB Leipzig, dari Kasta Kedua ke Liga Champions dalam Semusim - Kompas.com

Dongeng RB Leipzig, dari Kasta Kedua ke Liga Champions dalam Semusim

Kompas.com - 17/04/2017, 12:02 WIB
JENS SCHLUTER/AFP Pemain RB Leipzig, Timo Werner, merayakan gol ke gawang Schalke pada lanjutan Bundesliga, Sabtu (3/12/2016).

LEIPZIG, KOMPAS.com - Kombinasi hasil pertandingan Bundesliga 1 - kasta teratas Liga Jerman - akhir pekan ini menghasilkan dongeng bagi RB Leipzig. Klub promosi itu secara hebat menggaransi tiket untuk berpartisipasi di Liga Champions musim depan.

Kepastian itu lahir setelah RB Leipzig menggilas Freiburg dengan skor 4-0 pada Sabtu (15/4/2017).

Dengan koleksi 61 poin sampai pekan ke-29, tim beralias Sang Banteng tak mungkin lagi keluar dari susunan empat besar klasemen Bundesliga 2016-2017.

Kehadiran di zona empat besar menjamin tiket ke Liga Champions 2017-2018. RB Leipzig saat ini menempati peringkat kedua di bawah FC Bayern Muenchen (69).

Dalam lima pekan tersisa, posisi mereka tak mungkin terkejar oleh tim peringkat kelima, Hertha Berlin, yang ditekuk Mainz 0-1 pada hari yang sama. Hertha baru meraup 43 angka.

Pencapaian Leipzig fantastis mengingat mereka musim ini berstatus tim promosi debutan dari Bundesliga 2 atau kasta kedua kompetisi Liga Jerman.

Pasukan racikan Ralph Hasenhuettl hanya membutuhkan 29 pertandingan untuk menembus Liga Champions, minimal dari babak play-off.

Leipzig lebih dulu mencapai prestasi yang diimpikan klub berstatus lebih kondang di Jerman, seperti Bayer Leverkusen, Schalke, atau Wolfsburg.

Trio tim elite tersebut saat ini masih berkutat di papan tengah ke bawah.

Setelah tiket ke Liga Champions dalam genggaman, kubu Sang Banteng sebenarnya masih berpeluang bermimpi menyusul Bayern dalam persaingan gelar juara.

Kedua tim masih terpaut selisih delapan angka. Meski demikian, RB Leipzig tak mau besar kepala. Hasenhuettl membidik target yang paling realistis lebih dulu.

"Kami akan mempertahankan peringkat kedua dengan segala upaya," ucap pelatih berusia 49 tahun itu di akun Twitter Bundesliga.

 

Wajar apabila Hasenhuetti ngotot untuk bisa mengakhiri kompetisi di posisi kedua. Finis di posisi tiga besar menjamin RB Leipzig lolos otomatis ke fase grup Liga Champions musim depan, tanpa perlu melakukan kualifikasi terlebih dahulu. (Beri Bagja) 

EditorJalu Wisnu Wirajati
SumberJUARA,
Komentar

Close Ads X