Ketika Tangan Kiri Buffon Menggagalkan Peluang Emas Iniesta... - Kompas.com

Ketika Tangan Kiri Buffon Menggagalkan Peluang Emas Iniesta...

Kompas.com - 13/04/2017, 09:04 WIB
MIGUEL MEDINA/AFP Gianluigi Buffon (hijau) merayakan kemenangan Juventus atas Barcelona pada partai pertama perempat final Liga Champions di Turin, Selasa (11/4/2017).

KOMPAS.com - Penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, mengaku kesulitan saat menggagalkan peluang emas gelandang Barcelona, Andres Iniesta.

Hal itu dituturkan Buffon setelah Juventus menang 3-0 atas Barcelona pada partai pertama perempat final Liga Champions di Turin, Selasa (11/4/2017).

Dua dari tiga gol Juventus berasal dari Paulo Dybala pada menit ketujuh dan ke-22, sedangkan sisanya berkat tandukan Giorgio Chiellini saat babak kedua baru berlangsung sepuluh menit.

Pada menit ke-21 atau saat Juventus unggul satu gol, Barcelona memiliki kans untuk menyamakan kedudukan.

Tanpa kawalan, Iniesta coba menempatkan bola di tiang jauh. Buffon masih sempat membentangkan tangan kirinya untuk menghalau laju bola.

"Ada semacam tarian, kemudian Anda harus mencari waktu yang tepat untuk menggerakkan anggota tubuh, dalam hal ini tangan kiri. Anda tidak boleh bereaksi terlalu cepat karena bisa memberikan petunjuk kepada lawan," tutur Buffon.

"Terasa sangat sulit buat saya karena sekadar refleks. Hal itu seolah-olah menjadi duel antara saya dan seorang pemain lawan," ujar sang penjaga gawang.

Baca: Di Timnas, Ada "Jose Mourinho" di Sisi Luis Milla

Penyelamatan tersebut seolah menjadi bukti bahwa Buffon belum habis, meskipun dirinya sudah menginjak 39 tahun.

Pada musim 2016-2017, Buffon selalu tampil sebagai starter dalam delapan partai Liga Champions, enam di antaranya berakhir clean sheet.

"Apabila ingin melanjutkan reputasi seperti sekarang, saya harus selalu melakukan penyelamatan seperti itu," kata Buffon.

Tantangan besar buat Buffon tersaji pada duel kedua antara Barcelona dan Juventus di Stadion Camp Nou, Rabu (19/4/2017).

Tim berjulukan La Blaugrana tergolong tajam dengan catatan 21 gol dari empat pertandingan kandang Liga Champions musim ini.

EditorAloysius Gonsaga AE
Komentar

Close Ads X